Berbagi pengalaman operasi kecil uci uci alias limpoma

Karena kemarin saya habis merasakan sendiri bagaimana pengalaman menjadi pasien operasi uci uci alias limfoma kalau dalam bahasa kedokteran. Kalau ditanya ngeri atau tidak sebenarnya ga juga si, cuma memang ketika mendengar kata operasi rasanya agak wah gitu. Memang kalau kita ga beranikan ya ga bakalan kesampaian untuk sembuh, seperti yang saya alami, benjolan di atas punggung kanan ini sebenarnya sudah saya rasakan lama sekali, sejak sma, dan kalau dihitung sampai saat ini sudah sekitar 14tahun. Cukup lama namun yang bikin ayem itu perkembangan uci uci memang tidak cepat, jadi berbeda dengan yang ganas karena bisa saja dalam beberapa bulan sudah membesar. Namun apapun itu jika ada benjolan di tubuh anda sudah selayaknya segera diperiksakan. Jangan kayak saya, harus nunggu 14 tahun dulu. Hehe
Langsung saja cerita awalnya saya ke salah satu dokter bedah di kota salatiga, karena sudah malam dan saya bawa motor sendiri niat saya sebenarnya cuma pengen nanya saja. Setelah diperiksa untuk uci uci sebenarnya bisa langsung diambil dengan operasi kecil. Jadi gak perlu pakai operasi yang ribet ribet. Operasi dilakukan hanya dengan bius lokal di daerah benjolan dan langsung diambil. Namun tidak semua kasus bisa seperti ini karena pada daerah tertentu yang memiliki syaraf atau pembuluh darah banyak bisa saja caranya akan berbeda.
Untuk tindakan awal adalah pembiusan, nah saya rasa langkah ini yang paling menyakitkan, yah mirip mirip digigit semut, semut sekampung maksutnya. :D.. Saya sampai agak teriak. Namun karena ga boleh lebay jadi ya harus cemungut..
Setelah beberapa saat disuntik, dokter menggambar daerah yang akan dioperasi. Gatau pakai pensil apa bulpen, karena dipunggung dan posisi saya adalah telungkup. Mulai bekerjalah pak dokter dan saya tidak merasakan apa apa kecuali tekanan dan seperti ditarik tarik. Dan akhirnya uci uci pun keluar, ternyata isinya seperti adonan kacang yang terbungkus selaput. Besarnya punya saya ini segede bakso lah. Tapi ya bukan bakso granat atau bakso super besar. Yang jadi masalah dan saya benci dari adanya uci uci ini adalah tangan kanan saya semakin mudah pegal, kalau tidur keteken rasanya juga aneh. Wah pokoknya ga enak dah.. lanjut ke perawatan operasi kecil tadi, setelah keluar sekitar 15 menit dilanjutkan dengan si jahit dan diperban. Seperti biasa dibawakan obat dan harus kembali 3 hari lagi. Selama itu tidak ada masalah hanya kemeng sedikit yang bisa ditahan.
Nah yang pengen tahu biayanya kalau operasi limpoma atau uci uci ini kalau di tempat saya dokter bedah tarifnya 600 ribu. Namu saya ga yakin tiap daerah sama karena terserah dokternya juga. Hehe.
Pesan saya bagi anda yang mungkin senasib dengan saya, segera beranikan diri untuk ambil karena selain ga lama, ternyata juga ga mahal. Kalau punya bpjs juga malah bisa gratis. Jadi tunggu apa lagi. Kata dokternya sih kalau limpome dibiarkan terlalu lama bisa semakin membesar dan ada kemungkinan bisa menjadi infkesi dan tentu perawatan akan lebih rumit. Ayo periksakan benjolan yang ada di tubuh kita sebelum terlambat.

Referensi tulisan ini adalah pengalaman asli dari narasumber.

0 Response to "Berbagi pengalaman operasi kecil uci uci alias limpoma"

Post a Comment