Download Gratis PDF Buku Bendahara Mahir Pajak Terbaru 2016, Mari Belajar

Sebuah hal menarik ketika kebanyakan dari kita ditunjuk sebagai bendahara pemerintah di sebuah instansi. Padahal secara background belum tentu menguasai bagaimana mengelola sebuah keuangan, Ada yang dari guru, perawat, apoteker, bidan, tenaga pertanian, dll. Namun memang kadang keadaan yang memaksa demikian, bisa jadi karena tidak ada yang lain dan memang jabatan itu harus diisi dan disambi. Dan efeknya pekerjaan sendiri yang menjadi tupoksi malah terbengkelai. seperti halnya yang akan kita bahas saat ini. Yaitu mengenai pajak, pajak sendiri menurut saya pribadi bukanlah hal yang simpel. Orang yang lulusan sekolah pajak saja bisa jadi berbeda terapan ketika menemui   fakta lapangan mengenai pajak. Dan ketika kita bertanya mengenai hal hal berkaitan dengan pajak, pph, ppn jawaban antara orang yang satu dengan lainnya bisa jadi berbeda. Jangan tanya kenapa karena yang ahlinya pajak saja atau yang expert masih banyak yg berdebat di forum online ortax. Dan ketika kita baca ya tambah bingung, apalagi orang awam kayak saya. Kayaknya kalau mau ahli pajak ya harus sekolah..Hehe.

Ngomongin belajar pajak bagi bendahara pemerintah, ada 1 buku wajib yang harus di download dan langsung saja di print, karena buku inilah yang menjadi sedikit pencerah. Walaupun kadang dibaca bolak balik juga masih ga mudeng, bukan karena apa memang instansi sendiri jarang memberikan pelatihan bagaimana membayar dan melaporkan pajak yang benar. Jadi di lapangan banyak yang mal praktek terhadap aturan pajak ini. 


Sebenarnya dari tulisan ini saya hanya ingin memberikan masukan untuk lembaga atau instansi ketika menunjuk seseorang menjadi bendahara maka harus siap pula dengan pelatihan perbendaharaan. Jadi sudah siap dengan ilmu ketika berjalan. Jangan sampai mblusukke orang orang yang tidak mampu jaid bendahara namun tidak dibekali dengan ilmu yang mumpuni dan akhirnya tadi, jadi malpraktek pajak. Namun disini sebenarnya saya juga ingin berbagi untuk anda mengenai buku terbaru terbitan dirjen pajak kalau tidak salah. Terbitan 2016 mengenai bendahara mahir pajak, karena ini keluaran terbaru jadi langsung unduh saja. Di dalamnya sudah lengkap dengan cara pengisian sse pajak dan bukan lagi ssp seperti yang dulu. Jadi lumayan menjadi petunjuk bagi bendahara bemdahara baru yang baru saja ditunjuk dan masih buta akan aturan pajak. Jgn lupa baca sampai selesai ya. Semoga bermanfaat bukunya
Terima kasih.

Ternyata Inilah Manfaat Dibalik Gula Tebu Bagi Penderita Diabetes (Gula Darah)

Pernah minum atau makan gula tebu, bagi orang yang tinggal di desa seperti saya ini mungkin sudah sangat biasa dengan tanaman tebu, baik mengunyahnya, meminumnya. Dan mengkonsumsi seperti halnya makanan yang lain. Namun apa jadinya ketika tanaman tebu yang backgrounya adalah manis ini dikonsumsi oleh seorang penderita diabetes?. Kalau dalam kaca mata kita memang orang diabetes ya jangan makan gula, lawong dianya kelebihan gula. Itu pasti yang akan ada dalam gambaran kita dan yang namanya manis itu akan berbahaya bagi seorang penderita DM.

Namun dari sebuah sumber (suaramerdeka harian)menyebutkan bahwa mengkonsumsi tebu bagi penderita DM aman dan malah ada beberapa manfaat yang bisa diambil. Dan manfaatnya bukan hanya untuk diabetesnya namun ternyata juga baik untuk kesehatan ginjal, kanker, kecantikan kulit dll. Namun hal ini bisa menjadi perhatian kita semua karena memang saat ini cukup banyak penjual es tebu di pinggir jalan. Anda juga harus lebih bijak dan berhati hati dalam memilih dan dilihat dari segi kebersihan atau higienitasnya.

Balik lagi ke tebu, dalam makanan ini terkandung beberapa zat protein, lemak, karbo, fosfor, zat besi, Vit A,B,C. memang sangat lengkap dan apa hubungannya tebu ini dengan pencegahan kanker. Ternyata dalam tebu terdapat antioksidan yang cukup tinggi. Kancungan ini mampu mencegah semua jenis sel kanker yang ada dalam tubuh kita. Terdapat pula zat fitokimia yang memang tidak memiliki efek samping buruk bagi tubuh.

Bagi penderita Diabetes manfaat dari air  tebu adalah sumber energi yang baik, karena manisnya tebu sangat berbeda dengan gula olahan. Bahkan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan glikemiknya juga bisa dikatakan rendah dan aman. Selanjutnya bagi pencegahan penyakit ginjal adalah tebu ini mampu membantu untuk menyaring semua cairan termasuk darah dan air dari kandungan proteinya. Konsumsi air tebu minimal 2 kali dalam setahun sudah mampu untuk mengurangi rsio terjadinya kanker.

Berbagi pengalaman operasi kecil uci uci alias limpoma

Karena kemarin saya habis merasakan sendiri bagaimana pengalaman menjadi pasien operasi uci uci alias limfoma kalau dalam bahasa kedokteran. Kalau ditanya ngeri atau tidak sebenarnya ga juga si, cuma memang ketika mendengar kata operasi rasanya agak wah gitu. Memang kalau kita ga beranikan ya ga bakalan kesampaian untuk sembuh, seperti yang saya alami, benjolan di atas punggung kanan ini sebenarnya sudah saya rasakan lama sekali, sejak sma, dan kalau dihitung sampai saat ini sudah sekitar 14tahun. Cukup lama namun yang bikin ayem itu perkembangan uci uci memang tidak cepat, jadi berbeda dengan yang ganas karena bisa saja dalam beberapa bulan sudah membesar. Namun apapun itu jika ada benjolan di tubuh anda sudah selayaknya segera diperiksakan. Jangan kayak saya, harus nunggu 14 tahun dulu. Hehe
Langsung saja cerita awalnya saya ke salah satu dokter bedah di kota salatiga, karena sudah malam dan saya bawa motor sendiri niat saya sebenarnya cuma pengen nanya saja. Setelah diperiksa untuk uci uci sebenarnya bisa langsung diambil dengan operasi kecil. Jadi gak perlu pakai operasi yang ribet ribet. Operasi dilakukan hanya dengan bius lokal di daerah benjolan dan langsung diambil. Namun tidak semua kasus bisa seperti ini karena pada daerah tertentu yang memiliki syaraf atau pembuluh darah banyak bisa saja caranya akan berbeda.
Untuk tindakan awal adalah pembiusan, nah saya rasa langkah ini yang paling menyakitkan, yah mirip mirip digigit semut, semut sekampung maksutnya. :D.. Saya sampai agak teriak. Namun karena ga boleh lebay jadi ya harus cemungut..
Setelah beberapa saat disuntik, dokter menggambar daerah yang akan dioperasi. Gatau pakai pensil apa bulpen, karena dipunggung dan posisi saya adalah telungkup. Mulai bekerjalah pak dokter dan saya tidak merasakan apa apa kecuali tekanan dan seperti ditarik tarik. Dan akhirnya uci uci pun keluar, ternyata isinya seperti adonan kacang yang terbungkus selaput. Besarnya punya saya ini segede bakso lah. Tapi ya bukan bakso granat atau bakso super besar. Yang jadi masalah dan saya benci dari adanya uci uci ini adalah tangan kanan saya semakin mudah pegal, kalau tidur keteken rasanya juga aneh. Wah pokoknya ga enak dah.. lanjut ke perawatan operasi kecil tadi, setelah keluar sekitar 15 menit dilanjutkan dengan si jahit dan diperban. Seperti biasa dibawakan obat dan harus kembali 3 hari lagi. Selama itu tidak ada masalah hanya kemeng sedikit yang bisa ditahan.
Nah yang pengen tahu biayanya kalau operasi limpoma atau uci uci ini kalau di tempat saya dokter bedah tarifnya 600 ribu. Namu saya ga yakin tiap daerah sama karena terserah dokternya juga. Hehe.
Pesan saya bagi anda yang mungkin senasib dengan saya, segera beranikan diri untuk ambil karena selain ga lama, ternyata juga ga mahal. Kalau punya bpjs juga malah bisa gratis. Jadi tunggu apa lagi. Kata dokternya sih kalau limpome dibiarkan terlalu lama bisa semakin membesar dan ada kemungkinan bisa menjadi infkesi dan tentu perawatan akan lebih rumit. Ayo periksakan benjolan yang ada di tubuh kita sebelum terlambat.

Referensi tulisan ini adalah pengalaman asli dari narasumber.

Download Pdf Buku Pedoman Manajemen Puskesmas Terbaru Permenkes 44 Tahun 2016

Ternyata awal bulan september 2016 merupakan awal baru bagi Puskesmas di Indonesia. Kenapa tidak karena pada bulan ini muncul pedoman baru yang mungkin akan sedikit merubah tatanan manajemen di tingkat puskesmas. Jika pada buku yang lama kita masih menggunakan buku pedoman mini lokakarya puskesmas kalau tidak salah yang tahun 2014, maka pada bulan september 2016 disempurnakan dengan Permenkes No 44 2016 yang isinya adalah penyempurnaan terhadap manajemen puskesmas. Kenapa disempurnakan, yah tentu karena aturan pedoman manajemen harus menyesuaikan dengan permenkes no 75 tentang Puskesmas yang sudah keluar terlebih dahulu pada tahun yang lalu. 


Sebenarnya ada beberapa perbedaan dari segi format RUK, RPK, namun hanya sedikit sedangkan intinya tetap sama, sedikit saja ada perubahan, Bisa anda lihat di lampiran di halaman terakhir dari permenkes no 44 tersebut. Di petunjuk mengenai kapan perencanaan, penyususnan RUK tahun setelahnya juga lebih dijelaskan dan digambarkan dengan rinci. Mungkin ini menjadi buku yang sangat berharga terutama kalau di puskesmas adalah buat tim admen. Karena ini menyangkut bagaimana juklak juknis ketika kita akan melaksanakan minlok bulanan rutan, minlok dengan linsek, Disitu sudah dijelaskan semua bagaimana susunan acaranya dan apa saja yang harus kita laksanakan dalam pertemuan itu.

Wah tentunya kalau kita bisa memahami isi dari permenkes baru tentang manajemen puskesmas ini maka kinerja puskesmas akan lebih baik, karena perencanaan tahun ke depan lebih tertata rapi dan pelaksanaan manajemen juga sudah diatur dengan sangat jelas, kapan kegiatan tersebut dilaksanakan dan kapan di evaluasi. 

Kalau belum punya anda bisa langsung unduh saja di halaman akhir postingan ini.. memang saya sedikana dalam format pdf agar bisa langsung diunduh dengan mudah, jangan lupa di print karena ini adalah pedoman wajib. Dan bagi puskesmas yang belum melaksanakan akreditasi, tim admen harus menyiapkan diri untuk melaksanakan amanah apa yang ada dalam isi buku ini, karena masa berlaku permenkes ini adalah per tanggal 28 September 2016. Jadi mau tidak mau sesuaikan saja agar kerja anda bisa lebih aman. 

Peserta BPJS yang Sudah Meninggal Dunia Wajib Dilaporkan Ke Kantor BPJS, Ini Syaratnya

Pengalaman dari tetangga saya peserta BPJS mandiri, jadi rutin tiap bulan membayar ke Bank atau kantor pos, Pada suatu saat salah satu anggota keluarga meninggal dan karena kurangnya informasi dianggapnya kalau sudah meniggal maka otomatis dana yang harus dibayarkan juga berhenti. Namun ternyata tidak, BPJS tetap menagih bulan setelah meninggal jika tidak dilaporkan segera. Hal ini menjadi masalah baru karena memang sangat kurang sosialisasi, dan memang masyarakat belum banyak yang tau.
Sekirany ada yang meninggal dan merupakan peserta BPJS mandiri maka sudah seharusnya anggota keluarga yang masih hidup melaporkan dengan melampirkan syarat sebagai berikut :
1. Surat keterangan dari rumah sakit atau puskesmas atau juga bisa dari kelurahan bahwa yang bersangkutan sudah meninggal
2. Melampirkan bukti pembayaran iuran yang terakhir.
3. Langsung datang saja ke kantor BPJS disana akan ada form yang harus diisi.

Nah setelah dilaporkan maka secara otomatis keluarga yang sudah meninggal tidak ditagih lagi. Karena berdasarkan peraturan baru per 1 september ini BPJS memberlakukan iuran 1 keluarga 1 virtual account. Jadi ketika anda membayar bulanan maka yang anda bayarkan adalah sekeluarga bukan lagi 1 orang saja.

denda keterlambatan melaporkan peserta bpjs mandiri yang sudah meninggal dunia
Setiap saat peraturan BPJS selalu berkembang dan berubah, jadi wajar saja jika masyarakat tidak aktif mencari informasi maka akan terkena imbasnya, Peraturan denda, sanksi ini sangat penting sehingga menjadi masukan bagi BPJS untuk lebih menggencarkan sosialisasia mengenai peraturannya, kalau perlu di televisi deengan program tersendiri setiap minggunya. Jadi masyarakat mendapat manfaat dari informasi tersebut. Karena media televisilah yang saat ini dirasa efektif dan menjangkau seluruh masyarakat indonesia.

Cara Jitu mengatasi masalah tidak bisa cetak sse pajak (SSP Baru) karena internet download manager

Sering kita temui di laptop yang sudah terinstall IDM tidak bisa mencetak sse ketika mau bayar pajak. Sebelnya tentu minta ampun, sudah masuknya susah ketika tinggal cetak malah mengalami masalah. Hal ini karena aplikasi downloader yang terinstal di komputer yaitu IDM membuat download tertolak. Untuk mengatasi masalah ini saya akan sedikit berbagi pengalaman. Sebanrnya cara ampuh bisa dilakukan dengan uninstall program IDM namun jangan. Karena masih bisa diakali dengan cara yang akan saya jelaskan di bawah.

Pertama adalah buka progra,m IDM kemudian masuk dalam menu download >> Option >> kemudian dilanjutkan pilih tab file type.. nah kuncinya disini. Karena file sse yang kita download akan berformat pdf maka hapus saja tulisan pdf di kotak yang isinya berbagai file type. Cari pdf dan kemudian hapus sja kemudian pilih OK.
hapus tulisan PDF pada gambar yang saya lingkari merah agar download sse menjadi lancar jaya


Nah namun kelemahan cara ini adalah ketika nanti anda ingin mendownload pdf maka IDM tidak akan otomatis bisa mendownload. Jadi bukan hanya sse saja yang kena imbasnya. Namun ini tidak masalah daripada anda yang bendahara kesuiltan dalam mendownlad file sse. Berikut adalah sedikit trik untuk mengatasi masalah tidak bisa download dan cetak form sse pajak karena erorr.

Download Lampiran Permenkes 75 tahun 2014 tentang Puskesmas dalam format docx (Word)

Kadang ada kalanya kita harus mendownload sebuah permenkes di internet dan isinya yang kita dapat adalah dalam format pdf, tentu ketika kita akan mengolahnya akan kesulitan. Sebenarnya bisa kita convert dengan program pdf to word. Namun hingga saat ini saya sendiri belum menemukan tool converter yang canggih dan hebat yang bisa mengkonfersi dengan baik dari format pdf ke word. Nah yang akan saya bagi disini adalah ketika anda ingin menggunakan data dari permenkes 75 thn 2014 tentang Puskesmas dan anda ingin mengolahnya. Karena memang isi di dalamnya yang sangat lengkap tentu ada saatnya anda membutuhkan untuk copas, terutama bagian lampirannya.
Biasanya kita membutuhkan format permenkes 75 thn 2014 dalam format word untuk ;
  1. Melengkapi syarat sarana dan prasarana puskesmas, apa saja yang timpang antara keadaan dan standart yang ada di permenkes
  2. Kebutuhan tenaga antara standar di permenkes dan kondisi di lapangan bagaimana riilnya
  3. Kebutuhan data untuk pemeriksaan
  4. Data referensi untuk akreditasi puskesmas, dll

Sebenarnya banyak sekali manfaatnya maka dari itu disini saya akan berbagi untuk anda, langsung saja anda sedot di sini.. silahkan anda cari permenkes 75 dalam bentuk word. dan tentu semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda membutuhkan peraturan perundangan yang berhubungan dengan kesehatan maka anda bisa request saja di komentar barangkali saya memiliki akan saya bagikan bagi anda.

Apa itu pengertian dari Aneurisma Aorta?

Mari sedikit menambah ilmu pengetahuan kita tentang kesehatan, tidak usah dalam dalam cukup dikupas luarnya saja sebenarnya apa sih pengertian dari aneurisma aorta itu. Karena saya sendiri bukanlah dokter jadi kita hanya akan mempelajari dari sisi luar saja, jika ada yang salah bisa saja pembaca memberikan sanggahan atau masukan untuk tulisan ini, seperti biasa dalam menulis saya selalu mengambil referensi dan saat ini saya ambil dari edisi sehat koran Suara merdeka semarang, tanggal 31 juli 2016. 
Jadi apa yang disebut aneurisma aorta bisa kita pecah dulu pengertiannya, 
a. Pengertian aorta adalah pembuluh darah yang paling besar yang ada pada tubuh kita yang nantinya akan mengalirkan darah dari organ jantung ke seluruh tubuh. Jadi bisa digambarkan bahwa aorta ini memiliki fungsi menyalurkan zat makanan dan juga oksigen yang ada dalam darah untuk disalurkan ke seluruh bagian tubuh kita.
b. Pengertian aneurisma adalah pembesaran atau pelebaran
c. Pengertian dari aneurisma aorta adalah kondisi terjadinya pembesaran atau terjadinya pelebaran pada pembuluh darah arteri dengan perbandingan 50% atau lebih dari besar pembuluh ketika sehat. Jadi bisa digambarkan ketiga sebuah selang menjadi lebih lebar dua kalinya lubangnya. 

Dalam kondisi manusia normal pembuluh darah memiliki sel elastin yang fungsinya adalah menjaga agar ukuran pembuluh darah tetap pada taraf normal. Namun karena faktor penuaan / degeneratif memang menjadi salah satu faktor pembesaran pmbuluh darah ini. Kelainan pembesaran pembuluh darah di daerah dada biasanya akan mengalami pelebaran ke pembuluh darah utama aorta di rongga perut, hal ini terjadi karena adaya pengerasan pembuluh darah. 
Untuk terapi yang dilaksanakan oleh seorang dokter untuk mengatasi masalah ini adalah dengan metode beda*, 

Apa benar pil cantik bikin mual muntah, dan apa tujuan di belakangnya?

Terdengar di telinga kita akhir akhir ini beberapa masalah  berupa efek samping seperti mual, muntah, sakit perut dll setelah diberikan pil cantik, entah kabar benar atau hanya kejadian 1 atau 2 orang atau lebih yang dibesar besarkan, itu dilur konteks pembahasan ini yahh... Walaupun namanya memang sudah dibuat cantik dengan alasan supaya yang mendengar terutama yang tidak suka minum obat bisa tertarik. Namun sebagian siswa juga ada yang pobia dengan obat, tidak biasa minum obat. Apalagi pil cantik ini baunya hampir mirip miriplah sama besi. Namanya saja untuk menambah darah jadi ya isinya zat besi.

Pil cantik berdasarkan opini saya (pendapat pribadi) adalah sebuah pil yang diberikan Oleh pemerintah kepada anak anak usia sekolah tentunya yang wanita sebagai upaya pencegahan anemia. Kenapa kok diberikan pada usia anak sekolah, hal ini berdasarkan pertimbangan penelitian dan angka kematian ibu hamil karena anemia yang cukup signifikan, jadi istilahnya untuk upaya pencegahan. Bisa jadi masalah ini menjadi isu utama dan latar belakang kenapa pil ini bisa sampai menjadi program yang dicanangkan pemerintah.

Lantas kenapa ada efek samping muntah, mual ?
Yah tentunya tiap obat memiliki efek samping, baik itu ringan maupun berat. Dan kemampuan orang untuk mentoleransi obat bisa jadi akan berbeda. Dari 100 orang yang minum bisa saja hanya 10 orang yang mual, atau ada penyebab lain seperti masalah di lambung, sensitif terhadap obat sehingga mudah muntah menjadi salah satu sebab.
Pil cantik sendiri isinya adalah zat besi / ferro, kalau saya pernah minum rasanya hampir mirip kayak besi. Hehe.. ya memang seperti itu, namun selagi kita kuat dan tidak mual, sebenarnya tujuan dari pemberian pil cantik ini adalah baik dan kita harus mendukungnya.

Apa yang harus dilakukan jika mual, muntah, menstruasi setelah minum pil cantik?
Berdasarkan pengakuan siswa yang sudah minum ada beberapa keluhan. Seperti saya sebutkan diatas. Lantas jika kejadian teraebut menimpa apa yg harus dilakukan. Pertama adalah obat dihentikan, minum air putih banyak.jika terjadi berkelanjutan segera pergi saja ke fasilitas kesehatan. Bisa puskesmas atau IGD rmh sakit terdekat jika sudah diluar jam pelayanan.

Masalah anemia pada wanita memang menjadi masalah besar bahkan hingga saat ini. Konsumsi makanan terutama sayuran masih sangat kurang. Padahal zat besi bisa kita dapatkan jika kita lebih banyak makan sayur sayuran. Mari mulailah dari sekarang makan sayur agar lebih sehat dan tentunya bagi wanita agar bisa terhindar dari kurang darah. Apalagi saat kehamilan nantinya. Karena akibatnya bisa sangat fatal. 

Mari kita tetap dukung program pil cantik karena memang tujuannya sangat mulia, dan jangan terlalu terbawa oleh isu efek samping yang malah membuat bayangan siswa lain menjadi takut dan terbayang bayang sebelum minum pil cantik. Dan tentu bagi pemerintah harus membuat sebuah langkah dan kebijakan jika memang benar benar ditemukan efek samping pada peminumnya.  Bisa dengan koordinasi dengan program kesehatan terkait jadi sebelum pemberian baik siswa maupun guru diberikan penjelasan dan upaya pencegahan seperti apa untuk meminimalisir efek samping.

Demikian pembahasan mengenai pil cantik semoga bermanfaat.

Identifikasi Peran Petugas Puskesmas, Orang Tua dan Guru Sekolah Pada Saat Imunisasi BIAS

Bulan imunisasi anak sekolah sebentar lagi akan dilaksanakan, sebagai tenggung jawab instansi kesehatan sebelum pelaksanaan adalah dengan menyampaikan peran masing masing pihak yang nantinya akan terlibat dalam pelakasanaan kegiatan. Termasuk BIAS. maka dar itu perlu dilaksanakan identifikasi apa peran mereka masing masing.
Berikut ini saya mengulas sedikit siapa tau bisa menjadi referensi yang baru akan melaksanakan kegiatan Imunisasi Di Sekolah pada bulan agustus dan september. 
Peran Petugas Pelaksana ,Guru ,Orang tua dalam kegiatan BIAS

a. Peran Petugas Kesehatan

  • Menyiapkan Alat dan Bahan untuk pelaksanaan Imunisasi
  • Menyiapkan data sasaran siswa
  • Koordinasi dengan guru sekolah tentang persiapan tempat pelaksaan imunisasi dan teknis pelaksanaannya.
  • Memberikan Inform Konsent Kepada Guru dan sasaran BIAS (Siswa)
  • Melakukan Pengawasan Sesaat setelah pelaksanaan imunisasi
  • Koordinasi dengan petugas ambulan untuk selalu standby di sekolah mulai dari awal pelaksanaan imunisasi sampai selesai
  • Melakukan evaluasi setelah pelaksanaan.


b. Peran Guru UKS / Sekolah

  • Melakukan penyuluhan kepada orang tua murid dan siswa tentang pelaksanaan BIAS
  • Melakukan Pendampingan secara serius saat pelaksanaan
  • Absensi data siswa
  • Menentukan Alur Pelayanan
  • Membantu melakukan pencatatan hasil pelayanan imunisasi
  • Menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif saat pelaksanaan


c. Peran Orang Tua

  • Memberikan dorongan mental kepada anaknya agar anak berani dan memahami tentang manfaat adanya pemberian Imunisasi.
  • Memberikan sarapan pagi kepada anaknya
  • Menyiapkan sendok dan air minum untuk di bawa ke sekolah
  • Membantu memberikan obat di rumah pasca imunisasi
  • Melakukan pengawasan kondisi kesehatan anaknya sebelum dan sesudah pelaksanaan imunisasi

Inilah Uraian Tugas Penanggung Jawab dan Pelaksana Teknis Laboratorium Menuru Permenkes No. 37 Tahun 2012

Bagi yangs edang mencari referensi tentang uraian tugas penanggung jawab laboratorium dan juga pelaksana teknis maupun non teknis. Maka sebaiknya anda membaca dahulu isi dari permenkes no 37 tahun 2012 yang didalamnya mengatur pelaksanaan pelayanan laboratorium. Di dalamnya berisi sangat lengkap dan dibahas secara mendetail mengenai pelayanan lab, kebutuhan tenaga, sarana prasarana (sekarang sudah disempurnakan di permenkes 75 tahun 2015 untuk stnadartnya).
Berikut ini adalah daftar uraian tugasnya.
Jenis, kualifikasi dan Jumlah Tenaga Lab Puskesmas dapat

Ketentuan lainnya:
Penambahan tenaga pelaksana tergantung dari beban kerja Lab.
PJ Lab Puskesmas adalah dokter Puskesmas/kepala Puskesmas.
Tenaga teknis dianjurkan jangan merangkap tugas lain.
Setiap petugas Lab harus mempunyai uraian tugas yang tertulis dan diketahui oleh kepala Puskesmas.

A. Penanggung Jawab (PJ) Lab di Puskesmas
PJ Lab Puskesmas mempunyai tugas dan tanggung jawab:

  • Menyusun rencana kerja dan kebijakan teknis Lab;
  • Bertanggung jawab terhadap mutu Lab, validasi hasil pemeriksaan Lab, Sebagai orang yang memmbantu memberikan solusi atas masalah yang ada di laboratorium
  • Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi kegiatan
  • Brtugas dalam merencanakan dan memonitoring kegiatan mutu laboratorium


Uraian tugas Tenaga Teknis (Pelaksana di Laboratorium)
Tenaga teknis Lab Puskesmas mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
1. Melaksanakan kegiatan teknis operasional Lab sesuai kompetensi dan kewenangan berdasarkan pedoman pelayanan dan SOP nya
2. Melaksanakan kegiatan mutu Lab;
3. Melaksanakan kegiatan pencatatan dan pelaporan;
4. Melaksanakan kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja Lab;
5. Melakukan konsultasi dengan PJ Lab atau tenaga kesehatan lain;
6. Menyiapkan bahan rujukan spesimen.

Uraian tugas Tenaga Non Teknis
Tenaga non teknis Lab Puskesmas mempunyai tugas dan
tanggung jawab:
1. Membantu tenaga teknis dalam menyiapkan alat dan bahan;
2. Membantu tenaga teknis dalam menyiapkan pasien;
3. Membantu administrasi.

Sebenarnya Kriteria PNS Seperti Apa Sih Yang Akan Dikurangi (Rasionalisasi)?

Akhir akhir ini heboh kembali kabar bahwa PNS dengan ijazah SMA ke bawah akan di rasionalisasi atau bisa juga dibilang dirumahkan atau dipensiun dini, saya rasa sama saja namun kabar ini mulai menyeruak seiring dengan mudahnya akses masyarakat terhadap media sosial dan televisi. Hampir di media semua mengabarkan hal ini namun yang disayangkan adalah benang putih ini yang tidak sampai, sebagai contoh sebenarnya PNS seperti apa yang nantinya akan di rasionalisasi. Setahu masyarakat ketika menonton berita yah PNS dengan ijazah SMA akan dirumahkan, padahal ini tidak. Dan memang diperlukan juga berita penyeimbang dan mengandung benang putih sebenarnya seperti apa sih kejelasannya.
kabar pengurangan / rasionalisasi pns kategori kriteria seperti apa?

Seperti yang disampaikan Menpan RB di berita beberapa waktu lalu sudah dijelaskan bahwa Kualifikasi PNS akan dibagi menjadi 4, dari 1 sampai ke empat ini akan ada penjelasan tersendiri, berikut ini penjelasannya :

Kelompok Pertama,
Kelompok ini adalah kelompok PNS yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tinggi dan didukung dengan kinerja yang baik, kelompok PNS ini akan dipertahankan dan akan dipromosikan untuk naik jabatan.

Kelompok Kedua
Kelompok kedua ini adalah kategori PNS dengan Kualifikasi dan kompetensi bagus namun memiliki kinerja yang kurang baik. Solusi dari pemerintah adalah dengan memberikan pelatihan dan mutasi pada kelompok ini untuk perbaikan kinerja.

Kelompok Ketiga
Kelompok ketiga ini adalah kelompok bagi PNS dengan kualifikasi dan kompetensi rendah namun memiliki kinerja yang bagus, dalam hal ini pemerintah akan memberikan diklat dan pelatihan sehingga yang masuk dalam kategori ini akan  mengelami peningkatan kualifikasi dan kompetensi.

Kelompok Keempat
Nah kelompok ini adalah kelompok paling akhir dalam artian memiliki kompetensi dan kualifikasi rendah dan dengan kinerja yang kurang baik, maka pada kelompok inilah akan dilakukan Rasionalisasi atau pengurangan, namun perlu diingat dari penjelasan Menpan RB untuk melaksanakan pengurangan tentu dibutuhkan sebuah kajian mendalam dan audit organisasi setiap orang dalam suatu instansi, dan jika ditemukan PNS masuk dalam Kelompok Ke Empat maka besar kemungkinan bisa saja dilakukan pengurangan. Data ini juga bida didapatkan dari PUPNS kemarin dimana banyak ditemukan PNS bayangan / fiktif.

Yang masih dibicarakan dan menjadi pembahasan hingga saat ini adalah teknis pelaksanaan nantinya, apakah dengan pesangon atau dengan cara apa, kita tunggu saja sinkronisasi antara menkeu dan juga menpan RB, 
Kabar ini sebenarnya bukanlah kabar yang menakutkan buat mereka yang memliki ijazah SMA kebawah, jika mereka bekerja dan memiliki kompetensi sesuai maka tidak akan dilakukan rasionalisasi, khusunya bagi mereka fungsional tertentu yang kebanyakan juga masih ada yang berstatus ijazah SMA ke bawah. Namun bagaimanapun tidak akan semudah itu untuk merasionalisasi karena mau tidak mau negara ini tidak hanya membutuhkan orang dengan ijazah tinggi, karena dalam suatu instansi akan membtuhkan juga sopir, tukang kebun, cleaning servis dll yang memang hanya membutuhkan kualifikasi yang tidak tinggi. Sedikit pembahasan mengenai isu hangat rasionalisasi PNS semoga bermanfaat.

Diabetesi seperti apa yang dibolehkan berpuasa, dan mana yang sebaiknya jangan?

Dalam islam berpuasa merupakan hal wajib, namun dalam islam juga tidak mewajibkan bagi mereka yang memang tidak mampu, dalam keadaan sakit dan tidak memungkinkan maka bisa saja akan gugur kewajiban tersebut, dan jika mampu maka bisa menggantinya di hari yang lain, namun jika tidak memungkinkan maka itu tidak masalah jikalau memang kondisi tubuh kita tidak memungkinkan, Allah ta'ala juga melarang kita untuk memaksa badan kita melebihi kemampuan fisik sehingga akan bisa berakibat fatal, lantas siapa penderita diabetes yang sbaiknya tidak menjalankan puasa, jawabannya adalah mereka yang diharuskan mendapatkan suntik insulin setiap harinya, biasanya dua kali dalam pagi dan petang, penderita diabetes jenis ini jika mereka memaksakan untuk melakukan puasa maka akibatnya tubuh akan kelebihan zat keton dan ini akan membuat resiko hipoglikemia lebih besar dan akan berakibat buruk bagi tubuh. Karena mereka membutuhkan keseimbangan dalam tubuhnya antara obat dan makana yang harus masuk ke dalam tubuhnya setiap hari.

diabetesi yang sebaiknya tidak berpuasa 
Nah setelah membicarakan yang tidak dibolehkan maka juga ada kelompok diabetesi yang sebaiknya tetap berpuasa, Mereka adalah penderita diabetes yang masih bisa terkontrol, dengan menjaga konsumsi makanan setiap harinya, dalam bulan puasa sebaiknya mengatur jadwal konsumsi makanan dengan beberapa hal berikut ini :
Pembagian konsumsi makanan adalah 60% untuk berbuka puasa dan 40% saat sahur, disini 60% masih dibagi lagi dengan konsumsi makanan ringan sebelum magrib, dan konsumsi makanan berat setelah shalat magrib dengan tetap menghitung kebutuhan kalori tubuh. Sisanya adalah 40% bisa didapatkan saat makan sahur, Tips mengindari hipoglikemi saat puasa adalah makanlah makanan padat saat sahur karena hal ini penting untuk menghindari masalah hipoglikemi. 
Nah berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips selama bulan puasa dalam menjalankan puasa, sebaiknya bagi mereka yang tidak mampu tidak usah memaksakan diri, pilihlah ibadah lain sesuai kemampuan anda karena Allah ta'ala maha adil dan maha mengetahui, jika niat anda baik InsyaAllah maka anda tetap akan mendapatkan pahala berlimpah di bulan ramadhan.

Materi Kesling : Penyuluhan Mengenai Manajemen Kualitas Air (Pengolahan Air Baku) ppt

Rincian materi utnuk pengolahan air baku dan sistem desinfeksi, yang biasanya diberikan kepada petugas kesling, Ringkasan materi adalah sebagai berikut, dan untuk lebih jelas silahkan anda unduh dalam format power point karena isinya lebih lengkap.  adalah sebagai berikut :
ORIENTASI MANAJEMEN KUALITAS AIR DAN SANITASI DASAR
PENGOLAHAN AIR BAKU/BERSIH DAN SISTEM DESINFEKSI

PENGOLAHAN AIR BAKU

Dasar hukum
  1. PP RI  No 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).
  2. Permenkes No. 492/Menkes/PER/IV/2010. Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.
  3. Permenkes RI No. 416/ 1990. Tentang Persyaratan Kualitas Air Bersih.
  4. Permenkes RI No : 736/MENKES/VI/2010 Tentang tata laksana pengawasan kualitas air minum.
  5. Nota Kesepakatan Kerjasama di bidang Pengawasan Kualitas Air antara Ditjen PPM & PL, Depkes RI dan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) tahun 2000.     

SUMBER AIR BAKU
  • AIR SUNGAI/ WADUK/ TELAGA.
  • AIR MATA AIR.
  • AIR SUMUR.
  • AIR GAMBUT.
  • AIR PAYAU.
  • PENGOLAHAN AIR BAKU SUNGAI

PROSES PENJERNIHAN.
  • Sedimentasi awal.
  • Koagulasi dan Flokulasi.
  • Sedimentasi akhir.
  • Filtrasi
  • Desinfeksi.
  • Distribusi.

GAMBAR BAK SEDIMENTASI AWAL (PULSATOR PATENT DEGREMONT)

  • Valve  A, tertutup.
  • Air baku naik keruangan vacum C.
  • Air di bagian D dalam keadaan diam.
  • Setelah air di vacum C mencapai ketinggian S, kran udara A terbuka.
  • Air diruang vacum C turun dan masuk didaerah B.
  • Lumpur naik dan sebagian terbuang ke F.
  • Air agak jernih dibagian atas akan mengalir disaluran E.
  • Apabila turunnya air diruang vacum C sampai pada titik I, kran udara A tertutup kembali.
  • Gambar Accelator Clarifier (Infilco Patent) (Koaglasi, Flokulasi dan Sedimentasi)
  • Larutan Bahan Koagulan
CARA KERJA ACCELATOR CLARIFIER
Air Baku masuk bercampur dg bahan koagulan.
Air naik keatas membentuk flok menuju bak pengendap kedua.
Dari bak pengendap kedua, air mengalir keluar lewat atas kemudian masuk filtrasi.

BAHAN PENJERNIH AIR BAKU (UMUM DIGUNAKAN)
Larutan Bahan Koagulan :
Tawas = Al2(SO4)3.
PAC = Poli Aluminium Chlorid = Al2O3
Kapur/Calsid = CaO.
Polimer (Polyelectrolyte).

BERAPA DOSIS PENGGUNAAN TAWAS ?
TAWAS : 80 – 150 mg/l (80 – 150 gr/M³).


PENGOLAHAN AIR BAKU GAMBUT 
Cara Sederhana (Teknologi Tepat Guna)
Proses pengolahan terdiri dari dua tahap, yaitu :
Proses Koagulasi dan Flokulasi :
Air gambut dalam drum volume ± 200 lt dicampur dg lempung (tanah liat warna hitam) sebanyak ± 0,5 kg (± 40 sendok makan larutkan dlm 2 lt air), aduk dg batang pengaduk sampai homogin ± 10 menit kemudian diamkan/endapkan ± 60 menit.
Proses penyaringan (filtrasi)
Air setelah mengendap alirkan lewat filter pasir dg diameter butiran pasir 0,3 -1,2 mm dan ketebalan filter minimal 60 cm.









Apa itu Nyeri Punggung Bawah (NPB) Red flags dan Yellow flags, Ini Penjelasannya!

Yang namanya nyeri punggung biasanya yang mengalami hal ini adalah orang tua diatas 50 tahun, namun seiring perkembangan zaman ternyata anak muda dan bahkan anak sekolah juga ada yang mengalami hal ini. beban berat punggung untuk menahan beban seperti tas sekolah yang terlalu berat ternyata dapat mengganggu kondisi punggung bagian bawah. Membawa laptop dan buku dalam 1 tas ini akan menyiksa bagian tulang belakang anda karena sebaiknya benda yang terlalu berat dijinjing saja.

Jenis NPB sebenarnya ada beberapa jenis namun yang akan kita jelaskan disini adalah jenis NPB yang berbahaya yaitu NPB redflags, kenapa dinamakan merah karena memang jenis penyakit ini lebih berat, secara pengertian NPB red flags adalah kondisi yang menjadi tanda atau gejala bahwa NPB telah berada pada stadium lanjut dan bisa juga disertai dengan sindroma radikuler.
Penyebab dari NPB jenis redflags ini adalah karena adanya keretakan atau juga patah tulang belakang, infeksi, neoplasma, 

Sedangkan NP yellow flags adalah salah satu faktor penyebab NPB menjadi kronik, sebagai akibat dari kecemasan, depresi, stress di tempat kerja, ketidakpuasan kerja. jadi berbeda dengan jenis red flags yang lebih berbahaya.
Jenis jenis terapi dalam pengobatan NPB adalah :

  • Terapi farmakologi (biasanya diberikan pengobatan penghilang rasa sakit)
  • Terapi non farmakologi, bisa dilakukan dengan terapi fisik, massage, UKG ultrasound, chiropractic, terapi relaksasi dll,
  • Terapi invasif non bedah
  • Terapi bedah
Sebagai upaya pendegahan ketika kita di rumah anda sebenarnya bisa malkukan perawatan sendiri terhadap kesehatan tulang belakang, yang bisa kita lakuan salah satunya yaitu dengan kompres air dingin dan panas, langkah awal adalah dengan air es dulu kemudaian diganti dengan air hangat. Penelitian juga membuktikan bahwa orang dengan NPB akan lebih cepat sembuh jika mampu berpikiran positif dan tidak stress.

Download Permenkes No. 21 Tahun 2016 Tentang Pemanfaatan dana Kapitasi JKN (BPJS) di FKTP Pemda Terbaru

Masih fresh dan baru nih permenkesnya dan baru di sahkan pada tanggal 18 Mei 2016 kemarin, dan secara otomatis ini adalah menyempurnakan permenkes no 19 tahun 2014 yang mulai berlakunya permenkes baru ini maka permenkes lama yaitu permenkes 19 tahun 2014 dinyatakan  sudah tidak berlaku lagi. Sebenarnya apa yang beda dengan permenkes lama dan baru mengenai dana kapitasi JKN ini, pastinya karena namanya penyempurnaan jadi tentu ada yang dipoles di bagian sana sini. Yang jelas yang menjadi perbedaan adalah :
  • Penjelasan lebih detail mengenai apa itu tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan, termasuk juga tenaga PTT.
  • Perubahan skor poin untuk tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan, dan tentunya penambahan poin bagi petugas kesehatan yang merangkap memegang program, sebagai catatan bahwa pada permenkes yang 2014 tidak dipertimbangkan hal ini jadi yang bekerja berat di program mendapatkan sama dengan mereka yang hanya kerja di pelayanan saja. tambahan untuk tiap program adalah 10 poin. Ini juga menjadi jawaban atas kritik posting saya sebelumnya mengenai polemik dana kapitasi JKN menurut permenkes 19 tahun 2014 yang saat ini tidak berlaku lagi. 
  • Perubahan lain juga berlaku untuk kepala FKTP, bendahara administrasi dan juga penanggung jawab ketatausahaan. Lebih jelas silahkan download di bawah.
PMK 21 tahun 2016 tentang bpjs JKN fktp

Dalam permenkes yang baru ini juga dijelaskan mengenai masa kerja, dan juga mengenai jam kerja yang diperhitungkan. Saya kira hampir sama dengan yang lalu namun dengan adanya permenkes baru ini menjadi penyempurnaan yang positif bagi semua pihak yang berhubungan dengan pelayanan puskesmas. 
Penyempurnaan dalam hal lain adalah mengenai sisa anggaran pada tahun sebelumnya, yaitu mengenai silpa. yang jelas adalah silpa tahun lalu dapat dimanfaatkan pada tahun selanjutnya. Namun tetap diperhitungkan jika sisa tersebut untuk jasa pelayanan maka tahun berikutnya dengan nominal yang sama maka dimasukkan dalam dana jasa pelayanan. 



Download Materi Penyuluhan Tentang Diabetes : Pencegahan dan Penanganan Hipoglikemi (Prolanis)

Sedang mencari materi penyuluhan diabetes untuk kegiatan di lingkungan anda. Materi ini biasanya dipaparkan untuk masyarakat, bisa dalam rangka kegiatan prolanis yang diberikan oleh puskesmas. atau bisa diberikan saat penyuluhan umum kepada kader kesehatan atau lansia. Anda dapat mengunduh langsung dalam format power point dan silahkan anda tambahai atau kurangi sesuai dengan keperluan anda.


Sebagai preview dari materi power point ini berisi mengenai beberapa hal sebagai berikut ini :
Pengertian diabetes
Pengertian hipoglikemi
5 Kunci sehat ala diabetesi
Pola makan yang tepat bagi penderita diabetes
Waktu makan bagi diabetesi
dll
materi penyuluhan kesehatan bagi diabetes, prolanis

Isi dari ppt ini lumayan lengkap, dan sangat cocok terutama untuk kegiatan prolanis, silahkan unduh saja langsung. Jika anda membutuhkan materi lain silahkan isikan di kolom komentar dan kami akan berusaha untuk sharingkan agar bisa bermanfaat bagi kita semua.

Adakah yang salah dengan Gaji 13 dan Gaji 14 Bagi PNS?

Setelah melihat berita di TV pagi ini dari salahs atu stasiun TV swasta akhirnya sedikit ingin membahas mengenai gaji 13 dan gaji 14 bagi PNS, seperti yang sebelumnya sudah ketebak, pasti di kebanyakan media akan membahas hal ini. Sebenarnya buat saya ini berita yang biasa saja, tidak ada bedanya dengan seorang karyawan swasta, Buruh atau BUMN yang mendapatkan Gaji Bonus kinerja, dan mendapatkan THR, lantas apa yang istimewa, kenapa media seolah menggiring opini publik bahwa PNS mendapatkan gaji yang wah dengan kinerja yang leda lede, kalau digebyah uyah saya kira juga tidak bisa. Dalam sebuah instansi PNS yang bekerja dengan baik dan mengharap gaji yang halal juga banyak. Justru penarikan opini ini akan menjadikan bahan di luar ikut naik dan yang rugi tentu semua rakyat. Imbas PNS dapat gaji 14 maka buruh juga akan minta tambah kesejahteraan dan sebagainya. Tentu ada imbas baliknya, sebagai PNS sebenarnya lebih bagus mendapat kenaikan gaji tiap tahun yang besarnya hanya 5% daripada mendapatkan gaji ke 14 yang saat ini diberikan oleh pemerintah jokowi JK. 

membahas gaji pns ke 13 dan 14

Ada beberapa kesimpulan yang bisa kita tarik jika kita mau berpikiran terbuka :
1. Jaman dulu ketika mendapatkan hanya gaji 13 sudah menimbulkan polemik, padahal PNS tidak mendapatkan THR, sama saja kan andai dinamakan gaji 13 sebagai THR maka ini tidak akan menjadi sebuah polemik yang akan memancing opini publik bahwa gaji pegawai adalah pemborosan. Toh semua karyawan pastinya juga mendapat hak THR
2. Sekarang ditambah lagi nama baru dengan gaji 14, otomatis mau tidak mau ini akan semakin menjadikan panas telinga kita, jadi inti dari semua ini adalah pemberian nama atas sebuah gaji yang diterima pastinya akan menjadikan polemik atau kuping panas di masyarakat.

Nah ini sebuah masukan bagi pemegang kebijakan di atas sana, sebaiknya kalau mau kasih nama jangan yang sensitif, dipikirkan dulu matang matang biar ga jadi salah paham. Jangan sampai media yang saat ini memang bebas meneriakkan berita menjadikan sesuatu yang sebenarnya biasa saja dilebih lebihkan sehingga menjadikan sesuatu opini berlebihan di masyarakat. 

Bingung Mengisi Kode Setoran Ebilling Bagi Bendahara Pemungut APBD/APBN (kode 900, 920, atau 930)?

Para bendahara terutama bendahara yang tidak ahli dalam akuntansi rupanya sedang galau, hehe. Bukan hanya saya karena saat ini aturan pajak selalu berkembang sedangkan kita sebagai bendahara sangat minim akan pelatihan. Yah akhirnya dalam pelaporan pajak akan keteteran. Kenapa bisa begitu yah karena kita bukan ahlinya dan lagian kita masih harus kerjakan kerjaan lain yang memang menjadi tupoksi kita setiap harinya. Misalnya perawat yang merangkap jadi bendahara. Jadi memang tidak ada yang bisa disalahkan dengan semua ini, karena keadaan yang memaksa.. hehe. sosweet..

Nah yang kita bahas disini sebenarnya bukan curhatan di atas melainkan bagaimana mengisi kode setoran di e billing generasi 2 yang berelamat di sse.pajak.go.id. kalau ga salah. Yang bikin saya galau kemarin adalah ketika kita ingin memasukkan kode setoran pemungut karena kita sebagai bendahara pemerintahan. Masalahnya adalah kode yang muncul hanya 900 saja padahal kode ini diberikan kepada pemungut pribadi bukan pemerintahan. dan ujug ujug akhir akhir ini mungkin ada update terbaru dari ebilling ini sehingga muncullah kode di bawah ini, ada banyak jenis pemungut :
silahkan lihat di gambar ya..klik untuk memperbesar.

cara isi kode setoran ebilling bendaharawan pemerintah
Sekarang ada beberapa jenis pemungut selain pemungut dengan kode (900), disana ada juga pemungut bend. APBD, Pemungut Bend. APBN, dan pemungut dana desa. Lantas yang menjadi bingung adalah pemungut apbd atau apbn disini berdasarkan sumber dananya, atau berdasarkan tempat kerjanya kita ikut pemkot apa ikut pusat. Nah usut punya usut saya akhirnya menemukan sebuah jawaban yang pastinya sangat bisa dipertanggungjawabkan karena ini berhubungan dengan namanya surat edaran dirjen pajak dengan nomor  S – 6/PJ.13/2016.

Isi dari surat tersebut adalah mengenai kegalauan bendahara dalam pengisian kode setoran maka terbitlah solusi ini, secara simpulan adalah sebagai berikut : 

Berdasarkan pertimbangan dasar hukum sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan mempertimbangkan permasalahan yang diuraikan pada angka 1, dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut:

a. Atas pemungutan jenis-jenis pajak:
– PPh Pasal 22,
– PPN Dalam Negeri,
– PPN Impor,
– PPnBM Dalam Negeri,
– PPnBM Impor, dan
– Pajak Tidak Langsung Lainnya,
bendahara tidak dapat menggunakan KJS 900, melainkan menggunakan KJS 910, 920, atau 930. KJS 900 digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi atau Wajib Pajak Badan yang ditunjuk sebagai pemungut pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

b. Istilah bendaharawan pada PER-44/PJ/2015 mengacu pada jabatan bendaharawan pada tingkat administrasi pemerintahan, dan tidak didasarkan pada sumber dana pengelolaan keuangan. Dengan demikian maka pengertian:
– Bendaharawan APBN adalah Bendaharawan Pemerintah Pusat pada kantor/satuan kerja kementerian negara/lembaga.
– Bendaharawan APBD adalah Bendaharawan Pemerintah Daerah pada kantor/satuan kerja pemerintah daerah, baik propinsi, kabupaten, maupun kota.
– Bendaharawan Dana Desa adalah Bendaharawan Pemerintah Desa yang ditetapkan oleh Kepala Desa untuk melaksanakan pengelolaan keuangan desa.

c. Penggunaan KJS atas jenis-jenis pajak pada huruf a, atas APBD yang bersumber dari APBN, maupun keuangan desa yang bersumber dari APBN dan/atau APBD, didasarkan pada jabatan bendaharawan pada tingkat administrasi pemerintahan. Dengan demikian, maka:
– Bendahara APBD yang mengelola keuangan yang bersumber dari APBD atau APBN akan menggunakan Kas 920.
– Bendahara Dana Desa yang mengelola keuangan yang bersumber dari APBDesa, APBD atau APBN akan menggunakan KJS 930.

Jadi kesimpulan akhir nya adalah : Kode setoran APBN atau APBD atau Desa adalah berdasarkan tempat kerja anda, jika anda ikut pemkot maka APBD dan juga lainnya menyesuaikan. Dan bukan berdasarkan sumber dana yang kita kelola. Nah biar ga bingung dan tambah lengkap maka tidak ada salahnya saya cantumkan juga file surat edaran tersebut mengenai kode setoran. Silahkan langsung unduh saja gratis kok..

Download Materi Penyuluhan Kesehatan Tentang Diabetes / DM dan Gejalanya pptx

Diabetes memang topik yang akan selalu hangat untuk dibahas. Karena saat ini serba instan maka semakin banyak kita temukan di sekitar kita para penderita Diabetes baru, bahkan yang masih muda pun sudah mengalami. Dan faktor resiko keturunan saat ini menjadi lebih diperberat karena kemudahan akses terhadap makanan junk food bisa ditemui dimana saja. Sehingga seseorang dimanjakan dengan makanan yang tidak sehat. Dan juga kurang diimbangi dengan aktifitas fisik yang dapat membakar kalori berlebih dalam tubuh. 


Materi ini sebenarnya cocok disajikan untuk masyarakat, kader, namun disini juga ditambahkan mengenai gejala yang terjadi atau bisa dilihat dari orang yang terkena diabetes dilihat dari kondisi mulutnya. Ternyata ada beberapa gejala yang bisa kita lihat ketika seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi.

diabetes dan tanda kerusakan gigi

Preview dari isi materi power point ini adalah sebagai berikut,:

Power Point mengenai Gejala DIABETES MELLITUS
PENGERTIAN Diabetes Mellitus adalah penyakit karena kekurangan hormon insulin sehingga glukosa tidak dapat diolah oleh badan dan kadar glukosa dalam darah meningkat. 

Diabetes Mellitus memiliki gejala :

  •  Gejala-gejala yang khas
  •  Sering buang air kecil
  •  Cepat lapar dan haus
  •  Berat badan turun
  •  Cepat lelah
  •  Meningkatnya kadar gula dalam darah dan air seni.


Gejala-gejala yang tidak khas

  • Kesemutan
  • Keputihan
  • Infeksi sulit sembuh
  • Penglihatan kabur
  • Mudah mengantuk
  • Sering timbul bisul


Penanganan Diabetes Mellitus dilakukan berdasarkan 3 Pilar + 1 Pondasi
Yang dimaksud 3 pilar, yaitu 
1. Diet / pengaturan pola makan
2. Latihan Fisik / Olahraga
3. Terapi / Anti Diabetes

Sedangkan yang dimaksud 1 pondasi, yaitu :
Edukasi / Penyuluhan
Dengan menginformasikan tentang pentingnya pemantauan gula darah secara mandiri dengan meter gula darah yang memberikan hasil yang tepat dan akurat.

Ada 2 tipe Diabetes Mellitus :
1. Diabetes tipe 1 ( IDDM / tergantung insulin )
Seseorang dikatakan diabetes tipe 1 jika tubuh perlu pasokan insulin dari luar. Hal ini disebabkan karena sel-sel beta telah mengalami kerusakan sehingga pankreas berhenti memproduksi insulin.
2. Diabetes tipe 2 ( NIDDM / tidak tergantung insulin )
Diabetes tipe 2 terjadi jika insulin hasil produksi pankreas tidak cukup atau sel lemak dan otot tubuh menjadi kebal terhadap insulin sehingga terjadi gangguan pengiriman gula ke sel tubuh.

Penyebab Diabetes Mellitus

  •  Perubahan gaya hidup atau pola makan yang tidak seimbang dan kurang aktifitas fisik
  •  Stres
  •  Kelainan genetika
  •  Usia yang semakin lama semakin tua


Pencegahan Diabetes Mellitus

  •  Merubah pola makan yang seimbang (hindari makanan yang banyak mengandung protein, lemak, gula dan garam)
  •  Melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari
  •  Rajin memeriksakan kadar gula urine setiap tahun


Cara mengatasi Diabetes Mellitus

  •  Kalau sudah positif sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan ikuti anjuran dokter dengan penuh disiplin
  •  Melakukan diet untuk mengendalikan diabetes dan olahraga teratur
  •  Pemeriksaan darah untuk mengukur kadar gula diabetes


Adapun gejala dan tanda-tanda klinis Diabetes pada rongga mulut

  • Gusi agak membengkak, merah gelap dan biasanya agak lepas dari gigi
  • Resorbsi dari processus alveolaris
  • Insiden karies naik pada diabetes yang tidak terkontrol
  • Jumlah saliva menurun
  • Mulut berbau aseton
  • Lidah kering seperti terbakar
  • Gusi agak membengkak
  • Insiden karies naik
  • Mulut berbau aseton
  • Lidah kering seperti terbakar
  • Gigi goyang


Perawatan gigi penderita Diabetes Mellitus 

  •  Perawatan gigi harus dilakukan 3-4 bulan sekali
  •  Karang gigi harus dibersihkan
  •  Harus dianjurkan cara menyikat gigi yang baik
  •  Pemberian vitamin B complex dan vitamin C serta antibiotik akan mempercepat pertumbuhan 


Materi Penyuluhan Kesehatan Tentang Kerusakan Jaringan Penyangga Gigi (Periodontitis)

Periodontitis atau dalam istilah awam kita menyebutnya sebagai kondisi gigi yang goyang, sudah tidak kuat lagi, hal ini terjadi karena rusaknya tulang yang harusnya menjaga kekuatan gigi rusak karena pengaruh luar. Dalam pengertian ilmu kesehatan periodontitis adalah Peradangan dari jaringan penyangga gigi yang meliputi jaringan gusi/gingiva, serabut-serabut periodontal, cementum dan tulang alveolar sebagai akibat lanjut dari gingivitis yang tidak dirawat.
Jadi awal terjadinya period adalah dari gingivitis, sedangkan gingivitis sendiri meruakan akibat dari karang gigi. Jadi ada hubungan yang yang tidak bisa dilepaskan dimana proses periodontitis ini terjadi karena berbagai sebab. Di materi power point ini dijelaskan beberapa jenis periodontitis berdasarkan penyebabnya juga, dan banyak juga ditampilkan gambar gambar agar lebih menarik dalam penyajian
Gambaran dari isi materi penyuluhan kesehatan gigi ini adalah sebagai berikut :
a. Penyebab Periodontitis

  • Iritasi Lokal
  • Traumatik oklusi

macam periodontitis 

  • Menurut Waktu Terjadinya:
  • Periodontitis Akut
  • Periodontitis Kronis

b.Menurut Perluasan Periodontitis (melalui tempat terjadinya) :

  • Melalui karies
  • Melalui Marginal atau Leher Gigi

c. Menurut Tempat Peradangan :

  • Periodontitis Marginalis
  • Periodontitis Apikalis
  • Periodontitis Marginalis

Adalah :
Peradangan dari jaringan penyangga gigi yang mengenai gingiva sampai dengan periodontal ligamen

Trauma :

  • Fisik (jatuh, terpukul, kecelakaan, dll)
  • Traumatik oklusi (tambalan berlebih, cabut gigi)
  • Ortho (penggunaan kawat gigi)


Gejala-gejala Periodontitis Marginalis

  • Bau Tidak enak pada mulut (halitosis)
  • Rasa gatal pada gingiva
  • Rasa Sakit dalam tulang 
  • (saat mengunyah dan diketuk/perkusi)

Tanda-Tanda Klinis Periodontitis Marginalis

  • Terjadi keradangan pada gusi 
  • Adanya  celah gusi (poket) yang terlihat. (lebih dari 2mm)
  • Adanya poket yang eksudat 
  • Jika akut      sakit
  • Jika kronis terasa tidak sakit

Cara Pencegahan

  • Peningkatan oral hygiene (kontrol plak) yaitu menggosok gigi dengan 3T:
  • Tekun (rajin menggosok gigi)
  • Teliti (Pelan-pelan, tidak tergesa-gesa)
  • Teratur (sebelum tidur malam dan sesudah makan)

Dilakukan perbaikan gigi, misalnya : 

  • Akibat pemakaian kawat gigi
  • Akibat trauma gigi
  • Penanggulangan
  • Dengan Pembersihan karang gigi
  • Dengan Pemberian obat : antibiotik (amoxilin, ampicilin, dll) dan analgetik (ponstan)
  • Dengan Pemberian antiseptik (betadine) dan obat kumur


Periodontitis apikalis
Adalah :Peradangan jaringan periodontal disekitar akar gigi sebagai kelanjutan dari peradangan pulpa yang menyeluruh atau karena trauma.
Penyebab terjadinya Periodontitis Apikalis
a. Pulpitis akut totalis yang tidak dirawat
b. Gangren pulpa
yaitu, kematian pulpa yang disebabkan oleh bakteri
Gejala-gejala Periodontitis Apikalis
Gigi terasa sakit berdenyut-denyut
Gigi terasa memanjang 
Sakit apabila terkena makanan panas

Tanda-Tanda Klinis Periodontitis Apikalis
Perkusi dan tekanan sakit
Perabaan pada daerah mukosa kadang-kadang sakit

Rencana Perawatan

  • Pemberian obat (antibiotik dan analgesik)
  • Pencabutan atau perawatan saluran akar
  • Akibat Periodontitis
  • Resorbsi 
  • Tulang alveolar

Kesimpulan
Periodontitis merupakan kerusakan jaringan penyangga gigi (tulang alveolar) yang dapat disebabkan oleh bakteri dan kebiasaan buruk seseorang;
Periodontitis dibagi menjadi 2, yaitu Periodontitis Marginalis dan Periodontitis Apikalis;

Cara pengobatannya :

  • Dengan pembersihan karang gigi
  • Pemberian obat
  • Pemberian antiseptik
  • Pencabutan dan perawatan saluran akar
Pencegahannya :
  • Dengan peningkatan oral hygiene
  • Perbaikan gigi


Saran

  • Sebaiknya kita rajin menggosok gigi;
  • Sebaiknya kita rajin kontrol gigi ke klinik gigi minimal 6 bulan sekali;
  • Sebisa mungkin menghindari pemakaian ortho (kawat gigi)
  • Sayangi gigi anda mulai dari sekarang!!! 



Download Juknis Mengenai Syarat Sarana dan Prasarana Laboratorium Puskesmas (Permenkes 37 Thn. 2012)

Persyaratan sarana dan prasarana ruangan di Puskesmas memang menjadi begitu penting karena akhir akhir ini memang disiapkan dalam rangka akreditasi. Bukan hanya bagian laboratorium saja melainkan semua bidang atau poli juga harus mempersiapkan ruangannya masing-masing. Dalam hal juknis sarpras untuk ruangan laboratorium diatur dalam permenkes no. 37 tahun 2012 yang judulnya adalah PENYELENGGARAAN LABORATORIUM PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT. Dalam permenkes ini sebenarnya bukan hanya berisi tentang syarat sarpras saja melainkan juga ada hal lain yang penting. Ini menjadi buku wajib bagi sorang analis kesehatan yang bekerja di Puskesmas. Karena dicantumkan juga jumlah tenaga kesehatan yang harus dipenuhi. Reagen, syarat penyimpanan dll.

Secara Rinci sebenarnya Permenkes ini ada beberapa BAB yang berisi sebagai berikut :
1. BAB I Pendahuluan
2. BAB II Ketenagaan
3. BAB III Sarana prasarana dan Kelengkapan
dan ada juga lampiran beberapa formulir

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung unduh saja sebagai arsip pedoman yang akan anda gunakan sebagai persiapan akreditasi. Jika ada beberapa bagian yang belum bisa anda penuhi maka bisa anda rencanakan di perencanaan kapan bisa anda lakukan pembelian sehingga ketika ada penilaian maka sudah anda perencanaan kapan akan anda beli. Karena tentu sebagian Puskesmas juga tidak akan mampu dan tidak memiliki seperti yang dipersyaratkan.

cara mengatasi masalah tidak bisa print / cetak e billing pajak

Malam. Wah lama kagak posting dan malam ini saya menemukan masalah yang belum pernah saya temui sebelumnya. Karena akhir bulan harus segera bayar pajak, ketika login ebilling, masukkan kode pajak sudah berea, klik simpan sudah beres, dan diainilah dimulai masalah.
Setelah saya klik terbitkan billing dan cetak terlihat notifikasi di layar dari internet download manager alias idm. Yang kesimpulannya tidak memperbolehkan adanya file download suplicate. Saya kira ini cukup mudah untuk mengatasi, dan saya nonaktifkan idm di browser, namun ketika download masih saja seperti itu.
Nah usut punya usut. Yang menjadi biang keladi masalah ini sebenarnya adalah program idm, yang biasanya kita pakai buat download film atau file besar dengan cepat. Namun ketika sigunakan untuk cetak pdf ebilling tidak bisa dan sangat mengganggu.
Ada 2 solusi sebenarnya, solusi awal yabg bisa anda lakukan adalah hapus ekstensi pdf dengam masuk ke menu pengaturan idm, cari di bagian kotak disitu banyak tulisa. Pdf, rtf, jpeg, jpg, mov, mp4 dll. Nah caranya hapus yang pdf, sehingga nanti ketika ketwmu file pdf maka idm takkan otomatis bekerja untuk download.
Namin jika cara di atas masih juga tidak berhasil maka anda harus mencoba cara ke dua, atau cara final. Masuk saja ke control panel, uninstall program idm, dan semua lasti beres. Namun sayangnya nanti kalau mau download file besar idm audah hilang jadi ribetblagi deh.. Soalnya kalau download bawaan rasanya kurang wus wus alias kurang cepet.
Karena ini ngetik pakai hape jadi ga saya sediain gambar. Yang penting pada taubaja ya. Kalau yang ga tau bisa tanya tanya atau berbagi pengalaman di komen. Kalau masalah lemot di e billing itu memang masih menjadi problem sampai saat ini, mar ,16 jadi jangan kaget kalau isi e billinh lemot. Tapi jam ga sibuk biasanya lancar jaya. Sedikit info semoga bermanfaat. Terutama bagi bendahara di fasillitas pemerintah yang eajib pakai ebilling. 

Download Panduan Cara Registrasi Online STR Tenaga Kesehatan Perawat, Bidan, Analis, Perawat Gigi, Gizi, Kesling dll

Memang saat ini sudah jamannya online termasuk cara pengurusan STR, STR online ini memang diberikan kepada perawat, perawat gigi, bidan, analis, tenaga gizi, kesling, radiografer dan tenaga kesehatan lain dalam rumpun kesehatan. tentu kecuali dokter umum, dokter gigi dan apoteker maka ikut mendaftarkan diri disini. Cara ini berlaku mulai 1 maret 2016. Jadi jangan kaget kalau jaman dulu kita bikin str lewat kolektif ke organisasi profesi di daerah masing masing maka saat ini tidak, cukup dengan daftar online dan penuhi saja syaratnya. Dan saat ini tidak harus nunggu teman banyak untuk urus str secara kolektif, karena urus sendiri juga bisa.

Kabanyakan STR saat ini akan habis masa berlakunya pada tahun 2017 nanti, karena beberapa tahun yang lalu ada program pemutihan STR, nah saat itulah kita harus memlulai memperpanjang dan menggunakan aplikasi online. DI dalam buku panduan dijelaskan beberapa hal termasuk yang harus anda siapkan sebelum melaksanakan daftar inline di web MTKI.

download panduan registrasi online STR perawat, perawat gigi, analis, asisten apoteker, bidan dll
Sebelum masuk ke dalam aplikasi, berikut berkas yang harus disiapkan terlebih dahulu oleh peserta sebagai berikut :
1. ANda harus siapkan alamat email sendiri, dan anda harus ingat paswordnya
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) peserta, sebaiknya ektp
3. NPWP (jika yang sudah memiliki), kalau belum bikin di kantor pajak sebentar aja.
4. Alamat Korespondensi (jika alamat berbeda dengan tempat tinggal)
5. Alamat tempat kerja (jika sudah bekerja)
6. Ijazah terakhir
7. Sertifikat Uji Kompetensi (baru diberlakukan untuk perawat DIII, bidan, dan Ners)
8. Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) yang telah dibayarkan ke BRI dengan nomor rekening 0193.01.001868.30.7 dengan penerima “BPN 182 Pustanserdik Berkelanjutan” (atas nama pemohon/tidak diwakilkan ke orang lain) jadi intinya harus bikin rekening sendiri saja.

Secara umum proses pendaftaran online ini akan mengalami proses 3 tahap

1. Pendaftaran
2. Pembayaran
3. Cetak

dan dilanjutkan dengan pemberkasan.
Biar ga bingung dan ga salah cara sebaiknya anda baca dulu pedoman ini dari awal hingga akhir, jangan khawatir link ini kami berikan gratis dan aman yang kami dapat dari MTKI, karena ini sangat bermanfaat bagi teman teman tenaga kesehatan di seluruh indonesia.

 langsung download saja panduan pendaftaran online tenaga kesehatan di MTKI.

BPJS oh BPJS, Kenapa Harus Naik ?

Ketika solusi diberikan dengan kenaikan tarif BPJS pada setiap kelasnya, maka disini akan dipastikan banyak imbas bagi seluruh pesertanya. Sebenarnya sangat simpel. Yang paling terasa dari kenaikan ini adalah peserta yang mengikuti BPJS dengan bayar iur, tidak ikut perusahaan. Nah merekalah yang akan semakin merasakan penderitaan karena kenaikan tarif BPJS ini dimana kelas terendah yaitu kelas III menjadi 30 ribu per bulannya. 30 Ribu memang uang yang tidak begitu banyak namun setelah BPJS mewajibkan seluruh anggota keluarga didaftarkan maka disinilah letak orang menjadi malas untuk membayar angsuran. Kecuali pada posisi sakit. Maka dari itu solusi lain harus juga dipikirkan oleh BPJS,

Bayangkan saja ketika satu keluarga ada 4 hingga 5 orang maka yang harus dibayar perbulannya adalah sekitar 150 ribuan. Padahal mereka sehat dan tidak memanfaatkan uang tersebut. dan diikhlaskan. Mungkin banyak yang masih menyayangkan sehingga deretan penunggak pembayaran angsuran iuran bulanan BPJS banyak yang telat. Bisa ber bulan bulan tidak dibayarkan.

Saran saya sebagai rakyat sebaiknya memang ada pembeda dan ada hal yang menarik kita membayar BPJS, Misalkan dari dana iuran yang kita bayarkan ada berapa persen merupakan tabungan dan akan dikembalikan setelah beberapa tahun. Ini bisa menjadi menarik karena selain punya asuransi juga punya tabungan yang akan dikembalikan setiap berapa tahun kepesertaan. Carut marut pelayanan juga masih terjadi dimana mana, dimana instansi kesehatan milik pemerintah belum mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan baik. Perlu ada pembenahan dan penguatan di sektor pelayanan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit rujukan. 

Kalau dilihat saat ini sebenarnya bukanlah waktu yang tepat untuk menaikkan iuran, kalau karena terlalu murah maka pemerintah sebaiknya mensubsidi dari pos yang lain terutama pada golongan kelas 3, karena disitulah kebanyakan masyarkat tidak mampu namun tidak tercover jamkesmas menentukan pilihannya. Jangan buat rakyat yang kelas menengah ke bawah kembali menjadi golongan terbawah.

Sangat tidak pantas ketika kebutuhan dasar masyarakat semakin ditekan, selanjutnya listrik juga akan naik. Maka kita sebagai rakyat juga harus pintar dan tidak konsumtif dalam menjalani hidup. Sehingga berapapun yang didapat akan cukup dan bersyukur kepada Allah ta'ala

Dwonload Materi Pengembangan Kecerdasan Emosional / EQ dalam PPTX

Berikut ini kami akan berbagi lagi mengenati materi penyuluhan pengembangan kecerdasan emosional atau biasa juga disebut dengan EQ, secara umum pengendalian emosi di lingkungan kerja ini menjadi begitu penting, bahkan di manapun kita berada. Silahkan anda lihat dulu materi ini dalam format ppt. download materi pengembangan kecerdasan emosional / EQ.
Secara rinci isi dari power point ini digambarkan sebagai berikut :

Pengendalian Emosional dalam Menjalankan Tugas
Dinamika kecerdasan emosional EQ di Tempat Kerja.
Beberapa hambatan dalam Membangun kecerdasan emosional EQ.
Enam KaidahKeberhasilan kecerdasan emosional EQ.
Tanda-tanda Organisasi tidak memiliki Kecerdasan Emosional
- mitra  kerja  tidak  bekerjasama saling membantu
- manajer mengumbar amarahnya
- mitra  kerja  tidak  memahami kerja  keras   kelompoknya,
  hanya mengkritik kesalahan  mereka saja.
- sesama mitra kerja tidak ada saling percaya
- rasa tertekan dan kebosanan
- mitra kerja saling merendahkan usaha masing-masing kecerdasan emosional 11

Beberapa Hambatan Membangun KE

  • Perasaan dan tindakan tidak sehat
  • Kerangka berpikir menghancurkan dalam hubungan
  • Persekongkolan
  • Rasa tidak aman dan terancam
  • Kecemburuan
  • Guncingan
  • Pengkondisian negatif / samar
  • Tidak membiarkan sesuatu berlalu

6 kaidah keberhasilan kecerdasan emosional EQ
1. banyak cara menjadi cerdik  dengan kecerdasan.
2. EQ lebih penting daripada IQ, karena inilah yang menentukan keberhasilan dalam kehidupan.
3. IQ tidak dapat berubah, tapi EQ dapat menjadi lebih baik.
4. pemahaman diri dan hasrat pertumbuhan pribadi adalahlangkah pertama perkembangan KE.
5. emosi memiliki kecerdasan.
6. pengembangan kecerdasan emosionaladalah usaha
    seumur hidup.



Download Materi Penyuluhan Tentang Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga Untuk Masyarakat (TOGA) PPTX

Wah, nambah lagi nih koleksi mengenai materi penyuluhan kesehatan, daripada disimpen ga dipakai mungkiin bagi anda yang membutuhkan materi penyuluhan kesehatan terutama tentang herbal, tanaman obat disekitar kita memang harus dimanfaatkan. Jangan sedikit sedikit kita berobat ke puskesmas atau klinik. Sebaiknya tanaman obat keluargalah yang memiliki peran awal sebagai bahan aman dan nyaman untuk pengobatan awal. Terutama juga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Berikut ini sekilas materi tentang jamu toga :
Taman Obat Keluarga yang memanfaatkan ruang/pekarangan sekitar rmh dgn menanam tanaaman obat: jahe,kunyit,temulawak,sirih,kumis kucing,daun dewa,kembang sepatu,jeruk nipis dll
Salah satu UKBM/wadah pemberdayaan masy melalui alih informasi dan ketrampilan dari petugas kepada masy dan antar sesama masy
Memberdayakan masy & memberikan kemudahan dalam memperoleh yankesdas
materi penyuluhan kesehatan tentang tanaman obat keluarga / toga

Apa dibalik manfaat toga
Peningkatan kualitas kesehatan (daya tahan tubuh/stamina
Pencegahan timbulnya gangguan yang beresiko
Mengatasi gangguan kesehatan menurut gejala umum.
Pemeliharaan kesehatan lansia

Sekilas mengenai Jamu
“Jamu” berasal dari hikayat jawa “Bejomu / Bejamu”

Jaman dahulu apabila akan membuat ramuan selalu berdoa mohon petunjuk dan bimbingan Tuhan dulu dan kebanyakan orang belum dapat membaca / menulis maka untuk mengingat dengan mudah dengan angka
7 (Pitulungan) : mendapat pertolongan
11(Kawelasan): Belas Kasihan Tuhan

Masuk angin, flu sebenarnya bisa dicoba menggunakan beberapa jenis obat tradisional. Anda bisa melihat beberapa contoh obat di dalam materi penyuluhan kesehatan yang akan kami berikan ini. Biar lelas langsung sedot saja dengan gratis. Gak usah malu malu :D. Download sosialisasi tanaman toga dan pemanfaatannya

Download Materi Penyuluhan Mengenai Obat Tradisional Toga (Batra PPTX)

Dalam materi penyuluhan batra atau obat tradisional ini berisi beberapa hal seperti berikut ini :
UMUM – OBAT TRADISIONAL
Cara memilih bahan Ramuan yang benar adalah :

  • Pilih bahan  yang berwarna cerah
  • Yang telah tua / masak sempurna
  • Yang utuhdan tidak rusak oleh serangan ulat / hama
  • Yg tdk terserang hama, tdk bercendawan / berjamur, akar tidak berlumut.
  • Tdk memilih buah, daun, bungam kulit yang telah berubah warna / layu
  •  sebelum digunakan, bahan harus dicuci terlebih dulu dg air mengalir

materi penyuluhan kesehatan toga / obat tradisional toga

Hal mengenai Air yang harus diperhatikan dalam pengobatan tradisional adalah :

  • Air yang digunakan haruslah bersih.
  • Untuk pembuatan ramuan / seduhan harus dengan air hangat yang sudah mendidih / matang
  • Peralatan
  • Sebaiknya gunakan periuk / kuali, panci dari kaca. Email, Stainless steel .
  • Jangan gunakan peralatan dari alumunium, tembaga atau timah, karena bapat bereaksi dengan bahan tanaman yang dapat meracuni (menjadi toksik) dan mengurangi kasiat dari obat.


Tehnik pedoman cara merebus ramuan toga atau batra herbal

  • Jika merebus sebaiknya gunakan api kecil
  • Alat-alat yang digunakan harus bersih
  • Umumnya ramuan yang direbus sampai airnya menyusut hingga separuh : 
  • misal air dengan ramuan 2 gelas menjadi tinggal 1 gelas


Ukuran / Takaran
Gelas belinbing  1 gelas       = 200 cc
Cangkir the 1 cangkir            = 100 cc
Sendok makan 1 sendok      =   15 cc

Penggunaan
Obat tradisional digunakan untuk pengobatan gangguan sakit  ringan atau dalam keadaan darurat sebelum di dapat obat dari Puskesmas
Setelah pemakaian jangka 3 hari tetapi belum ada tanda penyembuhan agar segera berobat ke Puskesmas

Aturan Pakai yang harus diperhatikan

  • Supaya diikuti petunjuk yang diberikan, aturan pakai harus ditepati dan disesuaikan umur penggunanya,
  • Sebaiknya diminum segar-segar, jangan minum obat tradisional yang sudah disimpan lebih dari 12 jam / sudah basi.
  • Ramuan yang disimpan dengan baik, bila mau diminum harus dipanaskan terlebih dahulu.

JIka anda ingin melihat materi lebih lengkap silahkan download materi dalam format ppt berikut ini. Materi penyuluhan obat tradisional, toga/batra

Download Materi Penatalaksanaan AFP, Polio, Lumpuh layu pada Anak Bayi dan Balita PPT

Materi penyuluhan tentang informasi polio untuk mensukseskan Indonesia bebas polio, sebenarnya ada beberapa cara yang wajib dilakukan oleh seluruh stake holder kesehatan di indonesia. Utamanya adalah ujung tombak pelayanan yaitu Puskesmas dan Rumah Sakit,
Caranya:

  • Laporkan sebanyak-banyaknya kasus lumpuh layuh
  • Berdasarkan hasil lab virus polio (-)
  • Bila laporannya tidak benar – sulit dipercaya

materi penyuluhan kesehatan polio, lumpuh bayi balita

Beberapa definisi dari AFP digambarkan sebagai berikut :

  • Semua anak usia < 15 tahun
  • Kelumpuhan yang sifatnya lemas (flaccid)
  • Terjadi mendadak dalam 1 – 14 hari
  • Bukan disebabkan rudapaksa / trauma
  • Bila ada keraguan laporkan sebagai kasus AFP


Derajad kelumpuhan di bagi menjadi 5 apa sajakah itu :
0. Tidak dapat bergerak sama sekali
1. Hanya dapat menggerakkan / kontraksi otot
2. Tidak dapat mengangkat kaki dari  tempat tidur, hanya menggeser saja
3. Masih dapat mengangkat tungkai, tapi tidak dapat melawan tahanan
4. Dapat melawan tahanan
5. Tidak ada kelumpuhan

Perlu diketahui juga ciri Bayi yang mengalami lumpuh layuh

  • Leher terlentang di tempat tidur
  • Posisi seperti katak
  • Gerakan sedikit dan cenderung Lutut menyentuh tempat tidur
  • Terjadi Kelemahan otot
  • Minta ia duduk di lantai lalu berdiri maka dia Tidak sanggup
  • Berdiri sambil merambat pada kakinya
Untuk membantu menyelematkan anak indonesia dari bebas polio maka jika di sektira anda ditemui gejala di atas maka segeralah anda laporkan. Bisa ke kader kesehatan setempat agar diteruskan ke petugas Puskesmas> sehingga bisa langsung di tindaklanjuti, jangan sampai terlambat karena akan sangat disayangkan. Untuk lebih jelasnya silahkan download saja tampilan lengkap materi kesehatan AFP (Polio, Lumpuh layu) dalam format ppt.