SIstem Pembayaran BPJS untuk Orang Tua PNS tidak bisa potong gaji langsung

Ternyata saya baru tau untuk mendaftarkan orang tua dari PNS bagi anda yang ingin memasukkan orang tua, atau mertua menjadi anggota BPJS bagi PNS hanya mendapatkan potongan 1 % dari gaji pokok anda. Memang bisa dibilang lebih hemat ketimbang mendaftar sendiri sebagai PBI, Karena sesuai kelas jika saya adalah golongan 2 maka saya mendapatkan kelas 2 dan otomatis orang tua yang saya daftarkan juga mendapat kelas dua. Jika ikut PBI maka biaya perbulan yang harus dikeluarkan untuk kelas 2 adalah 50 ribuan.

Namun yang saya baru tahu adalah ketika kita mendaftarkan orang tua untuk masuk dalam BPJS kita maka pembayaran menggunakan sistem potong rekening, dan rekening itu tidak boleh atas nama kita, harus atas nama orang tua kita baik bapak atau ibuk. Bank yang dipakai adalah BRI, Mandiri dan BNI. Memang salah anggapan saya sebelunya setau saya jika kita memasukkan orang tua ke BPJS kita maka kita bisa langsung sistem potong gaji. Dan ternyata itu anggapan salah. Pemotongan adalah murni dari rekening orang tua yang kita daftarkan.

Sebelum anda ke kantor BPJS maka siapkan dulu syaratnya
1. FC KTP dan KK ortu
2. FC KTP dan KK PNS
3. Legger gaji terakhir
4. Foto 3 x 4
5. FC Buka tabungan dari BRI, Mandiri atau BNI an. ortu yang didaftarkan


Download PDF Norma Kapitasi BPJS No. 02 tahun 2015 yang Bikin Galau Puskesmas

Jika anda cermati mengenai aturan baru tentang Kapitasi BPJS yang diterima oleh klinik pratama dan juga Puskesmas sebagai mitra BPJS maka akan ada yang galau. Silahkan anda baca dahulu dan anda telaah lebih dalam sebenarnya apakah aturan ini sudah cukup siap untuk diaplikasikan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yaitu Puskesmas dan Juga Klinik Pratama.


Tentu banyakj muncul penolakan dari berbagai daereah mengenai aturan ini karena kebanyakan Puskesmas yang dulunya mendapatkan Kapitasi per jiwa sebesar 6500 sekarang hanya 3500, atau bahkan 3000 rupiah. Yang jadi bendahara BPJS kemarin sudah menganggarkan sedemikan rupa untuk pembelian anekal kelengkapan Puskesmas Harus berhenti di bulan agustus ini karena dananya tentu saja berkurang. Dalam hari kita pasti muncul pertanyaan, keluarnya aturan baru ini apakah karena BPJS pengen irit yahh!!!, jawabannya adalah bisa jadi.. Karena banyakna FKTP di indonesia dan juga para anggota BPJS masih juga banyak yang telat bayar dan masalah lain membuat neraca keuangan mereka terganggu. Dan akhirnya keluarlah aturan mengenai Norma kapitasi ini, walaupun memang ini berasal dari saran KPK jika kita baca dari berbagai sumber informasi. namun sepantasnya BPJS jangan membuat aturan sendiri tanpa melihat di lapangan. Bahkan Menkes sendiri dalam pernyataanya saat Upacara 17 Agustus 2015 lalu ingin menunda dulu dan mengkaji ulang aturan ini.

Bayangkan jika banyak FKTP di indonesia ini menolak tentu tidak akan jalan program ini kedepannya karena ujung tombak mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif sederhana itu tempatnya di FKTP. Namun yang saya tulis ini sebenarnya tidak akan ada artinya karena yang membuat aturan adalah penggede penggede di atas sana. banyak orang pintar di atas sana yang memiliki niat baik untuk memperbaiki derajad kesehatan masyarakat Indonesia.

Download Elemen Penilaian Akreditasi Puskesmas Terbaru menurut Permenkes No. 46 Tahun 2015

Anda sedang bingung dan ingin download isi dari Permenkes No. 46 Tahun 2015 mengenai elemen penilaian terbaru untuk penilaian akreditais puskesmas, anda bisa temukan disini. Isi dari Permenkes baru ini merupakan elemen penilaian terbaru untuk akreditasi bukan hanya Puskesmas namun juga ada unsur lain seperti klinik praktik mandiri dokter umum / gigi, dan juga klinik pratama. Sekilas memang agak serupa dengan Elemen Penilaian terdahulu namun pada permenkes baru ini lebih sedikit. tentu peraturan yang dibuat akan dinamis mengikuti perkembangan kondisi di instansi kesehatan. Dan bisa jadi aturan ini kedepannya akan berubah lagi. jadi jangan kaget yah. 

Sebenarnya pertimbangan munculnya Permenkes ini adalah bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 39 ayat (5) Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan untuk  meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar secara berkesinambungan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang  Akreditasi  Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri  Dokter, dan  Tempat Praktik MandiriDokter Gigi.

Inilah Obat untuk Penyakit Filariasis (Kaki gajah)

Filariasis adalah penyakit koronis yang masih menghantui rakyat indonesia, dari penelitian masih dijumpai di 418 kab kota di indonesia. Penyebarannya adalah dari nyamuk dari jenis Culex, aedes, dan anopheles. Dan bisa pula disebabkan oleh cacing dari jenis wuchereria B,  Brugia malayi, dan Brugia timori. Untuk mengetahui gejala dari penyakit ini sebenarnya susah susah gampang, ada yang gejalanya terlihat namun ada juga orang yang tidak terlihat dan memang seperti sehat. 

Untuk pemeriksaan sebenarnya sangat mudah mengetahui apakah orang terkena filariasis atau tidak yaitu dengan pemeriksaan darah. namun sayangnya ketika mereks pengidap kronis penyakit ini malu unuk periksa walaupun pengobatanyya lebih mudah dibandingkan dengan penyakit lain seperti TBC dan kusta.

Dokter biasanya akan memberikan obat berupa kombinasi Diethyl Carbamasin Citrate (DEC Albendazole). Dan jika dalam kondisi tertentu seorang pasien memiliki infeksi sekunder maka diberikan tambahan antibiotik berupa Doxycicline. Untuk mencegah penyakit ini berkembang endemik maka perlu diberikan obat setahun sekali.  selama 5 tahun secar aberturut turut, 
Perlu diingat bahwa penyakitt ini tidaklah mematikan dan masih bisa disembuhkan. Mak dari itu dibutuhkan kesadaran semua masyarakat untuk segera memeriksakan diri jika menemui atau mengalami gejala yang mirip dengan filariasis.

Gejala umum filariasis adalah :

  • Demam,
  • sakit,
  • Sensasi linu pada tubuh tertentu
  • Muncul spot merah dan pembengkakan
  • Jika dibiarkan maka bengkak akan semakin besar

DOWNLOAD KUMPULAN PDF BUKU STANDAR AKREDITASI PUSKESMAS

Berikut ini kami berikan beberapa kumpulan materi atau buku yang berhubungan dengan akreditasi Puskesmas. Karena sebagai orang awam memang tidak mudah mencari buku petunjuk ini, begitu juga kami untuk mencari materi ini di website kemenkes saja kita kesulitan dan malah di luar kemenkes malah ada. Ini yang menjadi perhatian penting bagi kemenkes website mereka mampu menyediakan banyak sumber informasi dan buku yang bisa kita unduh setiap saat.
Berikut ini kami sajikan buku tersebut, jika ada yang ingin menambahkan silahkan tulis link di komentar dan akan saya tambahkan di postingan ini agar bermanfaat kepada semua Puskesmas di Indonesia. Untuk apa kita pelit informasi toh akhirnya ini untuk masyarakat banyak. Mari sukseskan AKREDITASI PUSKESMAS.




Terima kasih kunjungannya di blog ini, dan materi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. dan bagi yang ingin menambahkan anda bisa mengirimkan ke email kami di tyan.sety4(at)gmail.com.

2 Buku Wajib Yang Harus anda Miliki ketika mempersiapkan Akreditasi Puskesmas

Anda bisa mendownload 2 buku ini sebagai persiapans ebelum ingin melakukan persiapan akreditasi puskesmas. karena isi dari buku ini sangat penting dan menyangkut persiapan yang sangat dibutuhkan dalam akreditasi puskesmas. Karena kesulitan juga cari di internet maka saya akan berbagi untuk anda sehingga memudahkan kita semua pelaku pelayanan kesehatan yang sedang mempersiapkan diri dalam rangka penilaian akreditasi puskesmas.
langsung saja 2 buku penting akreditasi puskesmas tersebut adalah :
1. Download standart akreditasi puskesmas pdf tahun 2014
2. Download Permenkes No 75 tahun 2014 tentang sarpras Puskesmas.

Bagi teman teman Puskesmas lain yang ingin berbagi atau mencari informasi seputar akreditasi Puskesmas mari kita berbagi disini silahkan anda tulis di kolom komentar untuk sekedar share pengetahuan mengenai akreditasi Puskesmas yang sebentar lagi memang sudah wajib dilakukan olehs eluruh puskesmas di indonesia karena sebagai standarisasi Sistem JKN.

Apa itu Posbindu dan manfaatnya?

Posbindu berdasarkan pengertian dari kementrian kesehatan adalah :
Kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, upaha kesehatan bersumber daya masyarakat, jadi jangan kaget nanti selain ada kader Posyandu di kampung juga akan ada kader posbindu, kader lansia, dan kader lainnya.

Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih mkepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM. Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit diabete, DM, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.

kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

Selain pemeriksaan ada juga kegiatan seperti senam lansia, arisan, kumpul kumpul bersama sehingga bisa menjadi tempat refershing bagi mereka yang suntuk di rumah. Selain upaya kesehatan fisik mereka juga diajak untuk hidup sehat bersama yang lain dan satu sama lain saling memberikan dorongan untuk  menjaga kesehatan masing masing.