Berapa sebenarnya indeks glikemik untuk Nasi, Singkong, Susu, Cokelat dll

Sebenarnya pengertian dari indeks glikemik adalah kecepatan tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa yang menjadi sumber energi oleh tubuh. Lantas apa sebenarnya manfaat indeks glikemik ini bagi tubuh kita. Jawabnya adalah penting, karena ini ada hubungannya dengan pembentukan energi, jika anda orang yang beraktiitas tinggi dan membutuhkan banyak energi maka tidak menjadi masalah makan makanan dengan indeks glikemik tinggi karena akan dikeluarkan saat beraktifitas. Namun jika anda orang yang jarang bergerak, jarang berakifitas maka harus sedikit menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi.
Disini kita akan mengulas beberapa makanan dengan indeks glikemik tinggi dan rendah, lantas apa hubungan antara kedua jenis kadar indeks glikemik ini. Mari kita coba ulas satu demi satu, indeks glikemik tinggi maka akan lebih cepat diproses oleh tubuh menjadi glukosa, ketika seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi maka pangkreas akan merespon dengan mengeluarkan enzim  insulin dan segera merubahnya menjadi glukosa dan menjadi cadangan makanan (glikogen). Semakin banyak anda makan makanan dengan indeks glikemik tinggi maka semakin berat kinerja pankreas untuk mengeluarkan hormon insulin. Semakin tinggi kadar gula dalam darah dalam makanan maka akan berakibat fatal yaitu terjadinya retinopathy dan juga penyakit jantung.

pengeritian indeks glikemik dan jenis makanan yang ber IG tinggi dan rendah

Maka dari itu kami akan memberikan pilihan kepada anda apa saja makanan yang baik dengan indeks glikemik rendah, dana mana makanan dengan indeks glikemik tinggi. Semua kami jelaskan pada rincian di bawah :
Makanan dengan indeks glikemik tinggi jika memenuhi syarat lebih besar dari 70 Apa saja makanannya, yang pertama adalah singkong (94,4), Nasi putih (89), beras ketan (87), semangka (72), roti (67). Nah itulah jenis makanan yang anda konsumsi setiap hari dan sering kita temui, ternyata memiliki indeks glikemik tinggi. Selanjutnya makanan apa saja yang memiliki indeks glikemik rendah. Jenis makanannya adalah : Pisang raja (55), es krim (54), tepung tapioka (42), Apel(36), coklat (40), kedelai (34), kacang hijau (28). 
Daftar di atas menunjukkan bahwa beberapa makanan yang secara tidak sadar kita makan setiap hari memiliki indeks glikemik yang kita sendiri tidak tau. Setidaknya setelah membaca artikel ini akan sedikit membuka pengetahuan anda dan bisa memilah milah makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak, dan mana makanan yang bisa aman dikonsumsi. Nasi putih dan singkong ternyata memiliki IG yang lumayan tinggi, maka sebaiknya kita juga harus mengimbangi dengan lauk yang rendah IG nya misalkan bisa dengan sayuran dan lauk sehat.






0 Response to "Berapa sebenarnya indeks glikemik untuk Nasi, Singkong, Susu, Cokelat dll"

Post a Comment