Tanya Jawab Seputar Sakit Gigi, Cabut gigi, Karang Gigi, pada penderita Diabetes

Sakit gigi pada penderita diabetes memang sering kali terjadi, misalnya karena disebabkan oleh kebiasan membersihkan gigi yang kurang, maka hal ini akan berakibat pada peradangan gusi yang akan memperparah kondisi gigi. Padahal pada pasien diabetes atau gula wajib dihindari luka terbuka dalam tubuh sekecil apapun. Selain luka di kaki yang harus dihindari adalah sakit pada gigi, karena penyembuhan di rongga mulut bisa dikatakan tidak mudah.
 
tanya jawab kesehatan gigi bagi penderita Diabetes
Sakit gigi apa yang biasanya dialami oleh penderita diabetes?
Seperti orang sehat sebenarnya sakit gigi pada penderita DM sama saja, namun yang lebih dominan adalah penyakit jaringan penyangga gigi, yaitu dengan kondisi gigi goyang. Hal ini banyak sekali terjadi pada penderita DM, jadi anda wajib waspada ketika seluruh gigi anda mengalami goyang maka bisa menjadi tanda bahwa kadar gula darah anda tinggi.

Saran apa yang harus dilakukan oleh penderita DM agar tidak memperburuk sakit gigi?
Saran awal ketika mengalami sakit gigi adalah ke dokter gigi, jangan ditunda. Namun jika tidak memungkinkan maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Pada kondisi gigi goyang dan anda kesulitan untuk mengunyah maka anda harus mensuplai makanan yang masuk ke tubuh harus dalam kondisi baik, jangan sampai tidak makan karena anda akan membutuhkan energi. Namun juga tetap harus memperhatikan diet gulanya. Makan makanan yang lunak jika gigi goyang sakit untuk mengunuyah.
Saran kedua adalah tetap membersihkan gigi dengan sikat gigi, atau gunakan benang gigi untuk membersihkan sela sela gigi. Jaga kondisi tubuh sehingga kadar gula darah turun dan kondisi gigi bisa jadi akan membaik.

Bagaimana tambal gigi bagi penderita Diabetes?
Tambal memang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes karena pencabutan adalah jalan terakhir, jika memang masih bisa ditambal maka usahakan bisa ditambal. Hindari pencabutan gigi bagi penderita diabetes karena komplikasi setelah pencabutan dan proses penyembuhan pada pencabutan akan butuh waktu lama.

Apakah gigi goyang pada penderita diabetes boleh dicabut?
Jawabannya adalah boleh, namun dengan pertimbangan yang matang dari dokter gigi dan juga dokter spesialis penyakit dalam. Jika dalam kadar gula darah yang tinggi maka sangat dilarang dilakukan pencabutan. Maka dari itu jika anda memiliki riwayat DM sebaiknya anda melakukan pencabutan di rumah sakit yang memiliki dokter spesialis lengkap sehingga dapat konsul antara dokter satu dengan yang lain.

Bolehkan membersihkan karang gigi pada penderita diabetes?
Sebaiknya anda konsulkan dengan dokter gigi anda karena kondisi pembersihan karang gigi akan mengeluarkan banyak darah, ditakutkan adalah setelah membersihkan karang darah tidak bisa berhenti, luka tidak menutup dan akhirnya tidak terjadi penyembuhan pada bekas luka pembersihan.





0 Response to "Tanya Jawab Seputar Sakit Gigi, Cabut gigi, Karang Gigi, pada penderita Diabetes"

Post a Comment