Pengertian Batuk Berdahak Produktif dan Non-Produktif

Dalam produksi lendir, batuk berdahak sendiri dibedakan menjadi dua macam yaitu batuk berdahak jenis produktif dan batuk berdahak non produktif. Jenis ini memiliki keistimewaan sendiri karena sumber penyebab dan gejalanya sangat berbeda. Mari kita simak pengertian jenis batuk berdahak ini satu per satu.

Apa itu batuk Produktif ?
Batuk produktif adalah jenis batuk yang disertai dengan keluarnya material atau dahak (sputum) dengan kualitas dan kuantitas tertentu. nah untuk membedakan jenis keparahan batuk berdasarkan sputum ini kita bisa melihatnya secara fisik. yang perama dikenali dari ciri dahak kuning kehijauan menandakan bahwa batuk tersebut berasal dari infeksi saluran nafas. Sedangkan jika anda batuk ciri dahak berwarna seperti besi karat, maka ini disebabkan oleh kelainan paru yang kronis. Ciri ketiga yaitu dahak dengan tanda nanah dan berbau, ini menandakan adanya infeksi yang sudah mencapai paru. Umumnya gejala seperti ini disebabkan oleh bakteri dalam paru paru.

Apa itu batuk non produktif?
Batuk jenis kedua ini batuk yang disebabkan oleh gangguan saluran pernapasan bagian atas, bisa berasal dari Telinga, hidung, asma, atau karena postnasal drip yaitu orang yang sudah sembuh dari serangan flu namun masih batuk.

Bagaimana sebaiknya kita menjaga diri dan orang lain saat batuk (etika saat batuk)?
Karena batuk merupakan salah satu penyebar infeksi yang umum maka ketika kita batuk kita harus menyadari bahwa kita akan menularkan virus atau bakteri kepada orang lain. maka disinilah kita harus sadar dengan etika. Kita hidup tidak sendiri apalagi dengan orang yang setiap hari bertemu dengan kita seperti suam, istri, anak orang tua dll. Kita harus menjga diri dari penularan ketika salahs atu anggota keluarga mengalami batuk.

pengertian batuk berdahak jenis produktif dan non produktif

Berikut ini adalah beberapa etika batuk yang harus kita terapkan dalam keseharian :

  1. Ketika batuk sebaiknya tutup mulut kita, jika ada tisu tutup dengan tisu
  2. Hendakanya menggunakan masker jika kita terserang batuk.
  3. Selalu cuci tangan dengan sabun ketika kita mengalami batuk
  4. Jangan mengeluarkan dahak sembarangan karena bisa menginfeksi orang lain.
  5. Segera periksa ke puskesmas / dokter untuk menyembuhkan batuk, jika dalam satu keluarga ada yang batuk maka yang harus diobati adalah semua yang mengalami batuk Jika hanya salahs atu saja maka nanti akan kembali menularkan batuk karena masih ada sumber penyakitnya.

3 Responses to "Pengertian Batuk Berdahak Produktif dan Non-Produktif"