Cabut Gigi Aman Bagi Penderita Diabetes (DM)

Sakit gigi dan Cabut gigi sebenarnya adalah sahabat dekat, kenapa bisa karena disaat kita sakit gigi maka yang kita harapkan adalah setelah sembuh nanti gigi yang sakit tersebut rasanya harus dicabut, supaya di kemudian hari tidak kambuh lagi. Namun sayangnya setelah sembuh dan mendapatkan pengobatan dari dokter gigi ternyata lupa untuk cabut gigi. Yah namanya sudah enak barang tentu lupa sama yang seusah susah. :D.
Cabut gigi adalah pilihan terakhir bagi seorang dokter gigi, selama masih bisa dipertahankan selama mungkin dalam rongga mulut maka akan diusahakan. namun juga tetap memperhatikan beberapa kondisi gigi sebagai berikut :

  1. Kondisi mahkota gigi yang masih bagus
  2. Gigi masih vital atau masih dalam keadaan hidup (syaraf dalam pulpa/ruang gigi masih ada)
  3. Tidak ada tanda bengkak, bernanah
  4. Gigi tidak goyang karena rusaknya jaringan penyangga gigi.
Sebenarnya masih ada pertimbangan yang lain, namun yang harus mempertimbangkan gigi tersebut bisa dicabut atau dipertahankan dalam mulut adalah dokter gigi anda. lantas yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cabut gigi jika pasien tersebut terkena DM.
tips cabut gigi aman bagi penderita diabetes DM

Seorang penderita Diabetes biasanya jika terkena luka maka sulit sembuh, dan bisa semakin parah jika kadar gula darah tidak dikontrol. Inilah yang ditakutkan ketika dilakukan pencabutan gigi, karena mencabut gigi berarti membuat luka baru dalam gusi, perdarahan bisa saja terjadi dan akan berakibat bahaya. Maka dari itu sebaiknya jika anda benar benar ingin aman dalam pencabutan gigi silahkan ikuti tips berikut ini :
  • Cek kadar gula darah anda, apakah tinggi atau tidak.
  • Konsultasi ke dokter gigi apakah gigi yang mengganggu memang harus dicabut, karena biasanya semakin majunya teknologi saat ini perawatan gigi bisa dilakukan pada gigi yang sudah parah sekalipun. Namun biayanya tentu juga mahal
  • Jika memang anda ingin dan yakin ingin dicabut, sebaiknya dalam pengawasan dokter penyakit dalam, sehingga dokter gigi akan mengkonsulkan dulu apakah si pasien layak untuk bisa dilakukan pencabutan.
  • lakukan pencabutan di rumah sakit dimana memiliki instalasi kesehatan lengkap misalnya ada dokter penyakit dalam, lab, UGD, 
  • Jaga kesehatan dan diet anda supaya kadar gula darah bisa turun atau normal selama pencabutan.

nah berikut adalah tips cabut gigi aman bagi penderita DM, jangan takut periksa karena ini juga demi kesehatan anda.

0 Response to "Cabut Gigi Aman Bagi Penderita Diabetes (DM)"

Post a Comment